Senin 16 Jul 2018 11:38 WIB

6 Alasan Teraneh Pembatalan Konser

Beberapa musisi/band seperti Maroon 5 hingga Weezer pernah memilikinya.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Yudha Manggala P Putra
Grup musik asal Amerika, Weezer beraksi menghibur penggemarnya dalam konser di Lapangan Senayan, Jakarta, Selasa (8/3).  (Republika/Agung Supriyanto)
Grup musik asal Amerika, Weezer beraksi menghibur penggemarnya dalam konser di Lapangan Senayan, Jakarta, Selasa (8/3). (Republika/Agung Supriyanto)

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Keputusan mendadak DJ Khaled membatalkan penampilannya di festival musik Wireless baru-baru ini lumayan membuat penggemar kecewa. Dia memakai alasan "masalah perjalanan", tetapi penggemar melihat unggahannya sedang berlibur di negara lain.

 

Hal itu memang mengejutkan, tapi bukan yang pertama kali terjadi di belantika musik internasional. Berikut sederet pembatalan konser yang dilakukan beberapa musisi dunia dengan alasan yang tidak kalah aneh, dikutip dari laman BBC:

- Ulang tahun Dalai Lama

Pada 2015, Maroon 5 batal manggung di Shanghai dan Beijing dengan alasan tidak jelas. Belakangan, dari status pemain kibornya diketahui bahwa mereka hari itu memilih mengucapkan ulang tahun untuk Dalai Lama. Aksi Maroon 5 dianggap sebagai gerakan politis dan bentuk protes kepada pemerintah Cina.

- Bosan bermusik

Membawakan lagu sama yang itu-itu saja memang bisa membuat musisi jenuh, seperti yang dirasakan rapper Australia Iggy Azalea. Dia membatalkan tur keliling AS pada 2015 dengan alasan bosan mendengar musiknya sendiri dan ingin berhenti menyanyikan lagu yang sama sepanjang waktu.

- Diganggu saat mengepel

Justin Bieber pernah menghentikan konser ketika manggung di Oslo, Norwegia, tahun 2015. Saat itu, dia mengepel lantai panggung yang terkena siraman air menggunakan handuk, tetapi penonton malah 'mengganggu' dengan menyentuh tangan, kaki, dan handuk sampai membuatnya kesal.

- Membuat sandwich

Neil Young tekenal karena suara indah, lagu-lagu puitis, dan permainan gitar eksplosif, tetapi jelas dia tidak mahir membuat sandwich. Dia membatalkan rangkaian tur pada 1997 karena jarinya terpotong saat membuat sandwich makan siang. Dokter menyarankan dia tidak menyentuh gitar sementara waktu.

- Operasi pemanjangan kaki

Grup musik Weezer asal Los Angeles, AS, pernah membatalkan konser pada 1995 karena sang vokalis menjalani operasi pemanjangan kaki. Penggemar pun maklum karena sosok penyanyi dalam band, Rivers Cuomo, terlahir dengan kaki kiri berukuran 44 milimeter lebih pendek daripada kaki kanannya.

- Serangan merpati

Band Kings of Leon pernah tidak menuntaskan konser pada 2010 akibat serangan merpati. Panggung mereka di Kota St Louis ternyata menjadi sarang merpati. Setelah dua lagu, kotoran burung semakin banyak berjatuhan dan para merpati juga menyerang pemain bas Kings of Leon, Jared Followill.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement