Rabu 11 Jul 2018 14:06 WIB

5 Penyelundupan Paling Aneh yang Ditemukan Bea Cukai

Petugas pernah menemukan ular yang diselipkan dalam kaus kaki.

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Indira Rezkisari
Penumpang Bandara Internasional Hong Kong.
Foto: EPA
Penumpang Bandara Internasional Hong Kong.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mencoba menyelipkan makanan seperti rendang atau bahkan bakmi di dalam koper saat keluar negeri biasanya sudah cukup membuat deg-degan pelancong di bandara. Padahal ada banyak sekali hal-hal unik atau aneh yang ditemukan bea cukai.

Pada Senin lalu, otoritas Cina menangkap seorang pengemudi asal Hong Kong yang mencoba menyelundupkan uang jutaan dolar AS saat melintasi perbatasan Hong Kong-Cina. Meski jarang terjadi, penemuan itu masih jauh dari kata 'aneh'. Pasalnya, ada banyak penemuan lebih aneh yang pernah ditemukan oleh petugas Bea Cukai baik dari sisi Cina maupun Hong Kong.

Berikut lima temuan paling aneh yang pernah ditemukan petugas Bea Cukai:

Ular di dalam kaus kaki

Tahun lalu, petugas Bea Cukai di Louhu, Shenzhen menggagalkan percobaan penyelundupan empat ular hidup dari Hong Kong. Keempat ular berbahaya itu diselundupkan di dalam kaus kaki. Di Cina, membawa reptil dari negara lain adalah tindakan ilegal kecuali diimpor langsung dengan dokumen lengkap.

Daging beku dari tahun 1970

Dalam sebuah operasi bersama pada 2015 lalu, petugas Bea Cukai Cina dan Hong Kong menemukan penyelundupan daging beku. Untuk mengelabui petugas, daging beku dikemas dan diberi label penanggalan 1970. Menurut keterangan ahli teknologi biologi dan kimia, Leung Ka-Sing, daging beku tersebut mengandung banyak senyawa penyebab penyakit kanker.

Sperma dalam botol

Pada 2016, petugas Bea Cukai di Lo Wu melakukan pemeriksaan terhadap seorang warga lokal yang diketahui membawa dua botol berisi cairan mencurigakan. Setelah diteliti, cairan dalam botol 100 ml merupakan air mani manusia. Di Hong Kong, cairan itu tidak boleh masuk jika tidak disertai dengan surat izin meskipun untuk urusan kesehatan.

Ratusan Iphone yang ditempelkan di tubuh perempuan

Pada Juli tahun lalu, seorang perempuan ditangkap karena membawa sebanyak 102 Iphone dan 15 jam tangan Tissot. Ratusan iPhone dan belasan jam tangan bermerek itu dibawa dengan cara menempelkannya ke tubuh bagian dada dan pinggang. Petugas melakukan pemeriksaan kepada perempuan tersebut karena curiga melihat ukuran tubuh bagian atasnya tidak proporsional.

Ribuan berlian di dalam sepatu

Pada 2013, petugas Bea Cukai di Luohu Shenzhen menangkap seorang pria karena cara berjalannya yang sangat mencurigakan. Saat diperiksa, petugas menemukan sebanyak 1.000 berlian dengan berat 212,9 karat di dalam sepatu pria tersebut, dikutip dari South China Morning Post, Rabu (11/7).

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement