Selasa 10 Jul 2018 09:11 WIB

Perangko AS Salah Comot Gambar Lady Liberty

Kesalahan berbuntut pada gugatan hukum pembuat patung Lady Liberty.

Rep: Nora Azizah/ Red: Indira Rezkisari
Perangko AS dengan gambar Lady Liberty.
Foto: EPA
Perangko AS dengan gambar Lady Liberty.

REPUBLIKA.CO.ID, LAS VEGAS -- Kantor Pos Amerika Serikat membuat kesalahan yang cukup fatal. Berdasarkan pemberitaan Travel and Leisure, dikutip Selasa (10/7), Kantor Pos AS melakukan salah cetak patung Liberty pada perangko.

Perangko yang diproduksi pada 2011 silam ternyata tidak menggambarkan sosok Lady Liberty New York. Akibatnya, Kantor Pos AS mengalami kerugian hingga 3,5 juta dolar AS.

Lalu, sosok siapa yang ada pada perangko tersebut?

Berdasarkan keterangan, Lady Liberty yang tercetak pada perangko memang sulit dibedakan dengan aslinya. Namun setelah diteliti, ternyata gambar tersebur bukan diambil dari patung Liberty asli di New York. Gambar tersebut berasal dari replika patung Lady Liberty di New York Hotel, Las Vegas.

Kesalahan tersebut sebenarnya tidak perlu terjadi. Replika patung milik hotel memang sangat mirip. Hanya saja, warna patung berbeda dengan Lady Liberty asli.

photo
Lady Liberty

Kantor Pos AS sudah memperhatikan masalah tersebut tiga bulan setelah perangko dirilis. Jumlahnya cukup banyak, yakni 3 miliar perangko. Namun Kantor Pos AS tidak terlalu membesarkan masalah. Baik replika dan patung asli cukup bisa disamakan.

"Kami senang orang-orang memperhatikan. Tapi masyarakat di Vegas justru menanggapinya luar biasa," kata Juru Bicara Kantor Pos AS kepada CNN 2011 lalu.

Namun, pengadilan belum lama ini mengabulkan gugatan pematung replika Lady Liberty di Vegas, Robert Davidson. Ia melayangkan gugatan pada Kantor Pos AS terkait pelanggaran hak cipta, dan menuntut ganti rugi 3,5 juta dolar AS.

Gugatan tersebut mengatakan bahwa kedua patung sangat jelas berbeda. Lady Liberty yang dibuat Davidson memperlihatkan wajah yang lebih segar dibandingkan aslinya. Tidak hanya perangko, stempel bertuliskan 'Lady Liberty Forever' juga memakai replika Liberty.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement