Ahad 08 Jul 2018 10:19 WIB

Pakar Gizi Sarankan Minum Ini untuk Redakan Perut Kembung

Kefir efektif mengatasi perut kembung dan mengurangi gejala intoleransi laktosa.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Ani Nursalikah
Biji Kefir
Foto: blogspot.com
Biji Kefir

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perut kembung dapat disebabkan makan berlebihan, asam lambung, sembelit, atau reaksi terhadap makanan tertentu. Mengalaminya sangat tidak menyenangkan, tetapi ternyata dapat diatasi dengan cara yang sangat sederhana.

Pakar gizi Jeannette Hyde menyarankan minum kefir untuk meredakan perut kembung. Dalam bukunya, The Gut Makeover, Hyde mengatakan kefir yang populer di Eropa Timur adalah minuman fermentasi yang mengandung miliaran bakteri baik.

"Kefir mengandung laktosa yang sangat rendah setelah difermentasi sehingga bisa dikonsumsi mereka yang biasanya tidak dapat menoleransi produk susu. Bakteri lactobacilli juga membuat seseorang lebih toleran terhadap laktosa dari makanan lain," ujarnya.

Pakar lain, Josh Axe, sepakat dengan Hyde kefir efektif mengatasi perut kembung dan mengurangi gejala intoleransi laktosa. Bahan aktif dalam kefir membantu memecah laktosa menjadi asam laktat sehingga membuatnya lebih mudah dicerna.

Memperkuat klaimnya, Axe mengutip sebuah studi dari Journal of Academy of Nutrition and Dietetics pada 2003. Riset mengungkap  kefir terbukti mengurangi tingkat perut kembung setelah diujikan pada 15 orang dewasa yang sehat.

Situs medis Healthline menyampaikan kefir merupakan probiotik yang lebih kuat daripada yoghurt karena mengandung lebih dari 30 jenis bakteri dan ragi. Karena itu, kefir juga bermanfaat mencegah sindrom iritasi usus dan gangguan pencernaan lain.

Selain kefir, minuman yang juga ampuh mengurangi kembung adalah smoothie blueberry. Tidak hanya itu, minuman jahe pun masuk dalam daftar karena efektif menenangkan aktivitas usus dan mengeluarkan gas dari saluran pencernaan, dikutip dari laman Express.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement