Kamis 05 Jul 2018 18:25 WIB

Hindari Ini Sebelum Berolahraga Berat

Memberi jarak antara makan dan berolahraga harus diperhatikan.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Indira Rezkisari
Pria berolahraga di pusat kebugaran Jakarta.
Foto: Republika/Dwina Agustin
Pria berolahraga di pusat kebugaran Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Olahraga memang memberikan efek yang baik bagi kesehatan dan kebugaran tubuh. Tetapi olahraga bisa berakibat buruk kalau Anda tidak mempersiapkan diri dengan baik.

Beberapa hal perlu diperhatikan sebelum melakukan olahraga. Terlebih lagi untuk kegiatan fisik dengan intensitas tinggi seperti seni bela diri yang mengeluarkan energi besar dan efek langsung

"Olahraga intensitas tinggi ini kuncinya jangan memaksakan diri, kalau sudah tidak kuat lebih baik beri istirahat," ujar Area Group Fitness Manager Fitness First Marissa Angelica.

Bahkan, Angelica atau akrab disapa Pippo menjelaskan, untuk ibu hamil pun kegiatan tersebut bisa saja dilakukan. Namun, itu berlaku bagi perempuan-perempuan yang memang sudah terbiasa melakukan olahraga tersebut. Gerakannya juga disarankan lebih sederhana karena sedang mengandung.

Pippo mengatakan, memberikan jarak antara latihan dan makan pun perlu diperhatikan. Dia menyarankan, minimal 45 menit sebelum melakukan aktivitas fisik berat sudah tidak mengonsumsi makanan berat.

Di samping itu, membiarkan perut kosong pun bisa menjadi berbahaya ketika memaksakan berolahraga. Baiknya, perut tetap terisi dengan rentang waktu yang pas saat mulai berolahraga agar tidak mengalami kram perut atau justru pusing hingga pingsan karena kehilangan energi.

Selain itu, istirahat yang cukup pun sangat perlu dilakukan. Ketika istirahat tidak cukup, ketimbang berolahraga lebih baik waktu tersebut digunakan untuk tidur untu mengembalikan energi. Setelah segar kembali barulah bisa melakukan latihan fisik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement