Ahad 01 Jul 2018 17:13 WIB

Ramen Bercampur Sambal Khas Indonesia, Apa Rasanya?

Tidak semua tipe ramen namun cocok dipadukan dengan sambal.

Rep: Nora Azizah/ Red: Indira Rezkisari
Ramen Ippudo
Foto: Republika/Novita Intan
Ramen Ippudo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ramen merupakan makanan khas Jepang yang identik dengan kuah kaldu. Di Indonesia, gerai Ramen Ippudo mencoba mengombinasikannya dengan lidah Nusantara. Ramen bisa dinikmati pencintanya dengan rasa lebih pedas.

Ramen Ippudo sejak beberapa tahun lalu melahirkan racikan baru, yakni ramen ayam. Disajikan dengan dua pilihan kaldu Shoyu dan Miso, ramen ayam diklaim bebas babi. Meski tidak bersertifikat halal, ramen ayam milik Ippudo disajikan menggunakan peralatan makan dan dapur yang berbeda dengan ramen babi.

Ippudo juga menyediakan sambal khas Indonesia untuk membuat rasa lebih pedas. "Sambalnya diracik khusus oleh para koki ahli dengan mengeksplorasi beragam jenis cabai dalam negeri," kata Direktur Ippudo Indonesia Amanda Sihombing dalam acara pembukaan gerai Ramen Ippudo di Grand Indonesia, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Sehatkah Makan Telur Setiap Hari? Ini Jawabannya

Sambal bercita rasa lokal tersebut cukup dicampur dengan ramen panas. Rasanya cukup pedas, dan sambal mengeluarkan sedikit aroma yang khas. Ippudo enggan memberikan resep sambal secara detail. Namun dari segi warna dan tekstur mirip dengan sambal terasi.

Namun jangan campur sambal begitu saja ke dalam ramen. Sambal khas Ippudo ternyata hanya cocok dengan jenis ramen berkuah Miso. Perpaduan keduanya membuat rasa pekat kaldu dan pedasnya sambal seolah memberikan satu rasa baru.

Lain hal ketika sambal dituang ke dalam ramen berkuah Shoyu. Ciri khas kaldu Shoyu yang lebih ringan dan sederhana menjadi memudar. Alhasil, kuah ramen tak lagi mengeluarkan gurihnya kaldu tetapi rasa pedas sambal menjadi lebih dominan. Penasaran? Silahkan mencoba.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement