Ahad 01 Jul 2018 13:59 WIB

Ada Mini Zoo Lumba-lumba di Pantai Sigandu Batang

BDC bukan hanya Pusat Konservasi Lumba Lumba, tapi sekaligus destinasi wisata.

Rep: Maman Sudiaman/ Red: Didi Purwadi
Panggung dolphin di Pantai Sigandu Batang Dolphin Center Batang Pekalongan Jawa Tengah.
Foto: Dok Taman Safari Indonesia
Panggung dolphin di Pantai Sigandu Batang Dolphin Center Batang Pekalongan Jawa Tengah.

REPUBLIKA.CO.ID, PEKALONGAN -- Deburan  ombak Laut Jawa di tepi Pantai Sigandu  Batang - Pekalongan, Jawa Tengah menjadi pemandangan indah tersendiri bagi para pelancong  yang kebetulan singgah di  kota kecil Batang, Pekalongan, Jateng.

Tepat di pinggiran  Pantai Sigandu, dibangun sebuah Pusat Konservasi Lumba Lumba yang dikenal dengan sebutan Batang Dolphin Center (BDC), merupakan salah satu unit dari Taman Safari Indonesia, yang diresmikan beberapa  tahun lalu. "Untuk menuju BDC ini hanya berjarak lebih kurang 2 km dari Alun alun Kota Batang, dengan pemandangan di kanan kiri persawahan dan rumah rumah nelayan. belum lagi perahu perahu dan kapal besar yang dibuat oleh warga sekitar," ujar Jansen Manansang MSC, direktur Taman safari Indonesia dalam siaran persnya hari ini.

Menurut Jansen, BDC bukan saja sebagai  Pusat Konservasi Lumba Lumba, tetapi sekaligus sebagai destinasi wisata yang dilengkapi dengan restaurant, wahana permainan, satwa tunggang. Termasuk berbagai koleksi satwa mamalia air, reptile, herbiviora. "Dan masih banyak lagi beberapa jenis satwa lainnya yang jumlahnya  hampir 40 species," ujarnya.

Danu, Manager Batang Dolphin Center mengatakan, BDC dibangun di atas tanah seluas 5,5 hektare. Pengunjung bukan cuma melihat satwa, melainnkan juga dimanjakan dengan atraksi lumba lumba yang memukau, atraksi aneka satwa, atraksi penerbangan burung pemangsa. "Atraksi ini sebagai bagian dari edukasi mengenal satwa bagi pengunjung," katanya.

BDC banyak dikunjungi oleh para siswa siswi, maupun pengunjung umum. Tentunya dengan harga tiket yang terjangkau. Persis di depan gerbang BDC, akan nampak pemandangan pantai Sigandu  laut Jawa. Pada pagi hari akan terlihat berjejer perahu perahu nelayan mencari ikan.

Tidak sedikit pengunjung berpose dengan latar belakang laut biru.  Apalagi membentang tulisan Batang Dolphin Center persis dibibir pantai. Rasanya  kurang lengkap kalau berpergian melewati jalur Pantura tanpa singgah di Pantai Sigandu Batang Dolphin Center Batang Pekalongan Jawa tengah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement