Rabu 27 Jun 2018 07:51 WIB

Perawatan Malam Hari Rahasia Kesehatan Kulit

Jangan pernah tidur dengan riasan masih menempel di wajah.

Rep: Noer Q Kusumawardhani/ Red: Indira Rezkisari
Kesehatan kulit wajah didapat dari pola makan sehat dan perawatan kulit.
Foto: EPA
Kesehatan kulit wajah didapat dari pola makan sehat dan perawatan kulit.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kulit bercahaya datang tak hanya dari pilihan menjalani gaya hidup sehat. Namun juga dari perawatan kulit di malam hari.

Para ahli menyarankan untuk membersihkan wajah secara menyeluruh dan jangan lupa menggunakan toner. Seperti dikutip dari Indian Express, Direktur Just Herbs, Megha Sabhlok dan pendiri Plum Shankar Prasad memberikan beberapa masukan untuk mendapatkan kulit wajah sehat bercahaya.

Gunakan pembersih
Tidur dengan riasan adalah hal terburuk untuk kulit. Ini akan mengarah pada akumulasi kimia, pori-pori yang tersumbat dan mengurangi kemampuan kulit untuk menyerap nutrisi. Pastikan menggunakan pembersih yang lembut terlebih untuk menghapus riasan dan kotoran. Jika diperlukan tindak lanjuti dengan cuci muka menggunakan sabun wajah.

Toner
Toner membantu mengurangi ukuran pori-pori kulit, menyeimbangkan pH kulit dan menghilangkan sisa kotoran dan riasan yang tersisa. Menggunakan toner akan lebih menyehatkan dan melembabkan kulit Anda sehingga membuatnya kenyal dan segar.

Air mawar menduduki puncak daftar karena menyegarkan dan bisa digunakan untuk semua jenis kulit. Toner bisa didinginkan terlebih dulu dan aplikasikan ke seluruh wajah dan leher menggunakan kapas. Teh hijau dengan beberapa tetes minyak pohon teh membuat toner anti bakteri yang terutama cocok untuk jenis kulit berminyak.

Serum antipenuaan
Atasi kekhawatiran penuaan kulit dengan serum elixir. Serum ini akan menyehatkan dan mengembalikan cahaya alami dan keremajaan pada kulit lelah, menua dan berpigmen.

Tanaman yang mengandung polifenol, karotenoid dan flavonoid memperlambat proses penuaan kulit. Setelah dioleskan, biarkan kulit sepenuhnya menyerap serum selama beberapa waktu saat beristirahat.

Pijat wajah dengan krim atau gel
Mulailah dengan mengoleskan krim malam di wajah, leher, dan arah dada. Pijat lembut krim malam dengan ujung jari Anda dengan gerakan ke atas dan melingkar. Ini membantu dalam mendistribusikan kelembaban seluruh kulit wajah secara merata, meningkatkan sirkulasi darah, dan meminimalkan bengkak.

Gunakan minyak wajah
Minyak wajah memperbaiki dan mengisi kulit saat tidur. Oleskan empat sampai lima tetes minyak wajah di ujung jari dan pijat lembut dengan gerakan memutar dari hidung ke telinga sambil mengaplikasikan secara horizontal, dan selalu melawan gravitasi saat mengaplikasikan secara vertikal.

Hal ini biasanya diterapkan setelah gel atau krim karena membantu menyegel kelembaban.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement