Senin 25 Jun 2018 13:43 WIB

Makan Es Krim Saat Sarapan Diyakini Dorong Kinerja Mental

Ahli lain pesimistis bahwa fungsi otak meningkat sementara karena dorongan glukosa

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Makan es krim. Ilustrasi
Foto: CNN
Makan es krim. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO — Es krim sangat disukai oleh banyak orang mulai dari anak kecil hingga dewasa. Es krim dinilai mampu memperbaiki suasana hati setiap orang yang memakannya.

Saat ini, es krim malah disebut-sebut membuat seseorang menjadi lebih pintar. Seperti yang dikutip dari Times of India, Senin (25/6), berdasarkan penelitian di Jepang baru-baru ini memakan es krim saat sarapan dapat meningkatkan kinerja mental seseorang di siang hari.

Serangkaian uji klinis dilakukan oleh seorang profesor di Universitas Kyorin Tokyo, Yoshihiko Koga. Para peserta diminta untuk memakan es krim pertama di pagi hari dan kemudian mengambil latihan mental tertentu secara digital.

Koga membandingkan hasil mereka dengan sekolompok orang yang belum makan es krim. Hal ini membuatnya menyimpulkan bahwa mereka yang mengonsumsi es krim di pagi hari memiliki waktu reaksi yang lebih cepat dibandingkan dengan mereka yang tidak.

Selain itu, mereka telah meningkatkan kemampuan pemrosesan informasi. Hal ini dilihat dengan memetakan gelombang alfa frekuensi tinggi pada mereka yang mengonsumsi es krim. Gelombang ini terkait dengan kewaspadaan yang lebih baik dan frustasi mental yang lebih sedikit.

Koga sedang mencoba mencari tahu penyebab peningkatan kinerja mental pada orang yang memakan es krim saat sarapan. Beberapa kritikus mengatakan itu hanyalah serangan glukosa yang meningkatkan fungsi otak dan mengaktifkan rasa bahagia di otak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement