Sabtu 16 Jun 2018 09:04 WIB

Belajar Sambil Eksis di Taman Akuatik Kebun Raya Bogor

Taman Akuatik sudah ada sekitar satu bulan lalu.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Esthi Maharani
Taman akuatik kebun raya bogor
Foto: Shelbi Asrianti / Republika
Taman akuatik kebun raya bogor

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Kebun Raya Bogor (KRB) terus memperbarui fasilitas dan layanannya untuk mengedukasi pengunjung. Salah satunya, menghadirkan lokasi baru bernama Taman Akuatik di kawasannya.

"Taman Akuatik sudah ada sekitar satu bulan lalu. Selain itu yang sekarang sedang kami rampungkan adalah spot bernama Taman Bambu," kata Koordinator Pelayanan Jasa KRB Upun Punijar.

Taman Akuatik terdiri dari beberapa blok tumbuhan air yang berbeda-beda. Ada sekumpulan tumbuhan air tergenang, tumbuhan air mengapung, tumbuhan air terendam sempurna, tumbuhan air campuran, dan tumbuhan tepi air.

Seluruh tanaman itu ditata sedemikian rupa pada sejumlah kolam dengan air mancur. Daya tarik lain adalah beberapa kursi taman artistik berwarna putih bersih yang ada di seantero lokasi dan disasar pengunjung untuk berfoto.

Di dekat setiap kolam, ada papan informasi yang memuat keterangan mengenai jenis tumbuhan. Misalnya, teratai merah dan bunga tetepak yang merupakan tumbuhan air mengapung, yaitu daunnya terapung di permukaan air dengan akar tenggelam.

Disampaikan Upun, Taman Akuatik yang menjadi sasaran baru para pengunjung merepresentasikan misi yang diemban Kebun Raya Bogor. Kebun botani seluas 87 hektare itu memiliki empat misi dalam setiap kegiatannya.

"Ada misi riset atau penelitian, konservasi dengan melestarikan jenis tanaman langka, pendidikan, serta misi pariwisata dan pembangunan," ungkap Upun.


Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement