Jumat 15 Jun 2018 10:03 WIB

Segala Hal Tentang Gerakan Bayi dalam Rahim

Ibu jangan bereaksi berlebihan menyikapi gerakan bayi dalam rahim.

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi Ibu Hamil
Foto: pixabay
Ilustrasi Ibu Hamil

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Salah satu pengalaman paling mengesankan di masa kehamilan adalah merasakan gerakan bayi dalam rahim. Pergerakan bayi bisa memberi petunjuk seberapa sehat bayi Anda.

Sayangnya, banyak wanita kebingungan ketika bayi mereka yang biasa menendang tiba-tiba malas bergerak. Teman-teman dan profesional kesehatan kadang memberi saran yang sudah ketinggalan zaman. Jika ini adalah kehamilan pertama Anda, Anda akan merasakan gerakan hinggap seperti kupu-kupu di dinding perut pada 20 pekan pertama kehamilan.

Anda mulai aktif merasakan gerakan setiap hari setelah usia kandungan 24 pekan. Apa yang Anda rasakan dipengaruhi posisi plasenta dan berat badan Anda.

Sebagian besar wanita pernah mendengar saran untuk meminum segelas jus atau limun untuk membangunkan bayi yang mengantuk dalam rahim. Pedoman resmi dari The Australia dan New Zealand Stillbirth Alliance menyatakan tidak ada bukti ilmiah yang mendukung saran ini.

"Gerakan janin tidak akan berubah begitu saja hanya karena pemberian glukosa intravena atau makanan," bunyi pernyataan tersebut, dilansir dari Essential Baby, Kamis (14/6).

Ketika berbaring, setidaknya Anda merasakan 10 gerakan janin dalam dua jam. Ibu paling tahu gerakan bayinya, dan jangan khawatir berlebihan jika bayi tak melakukan gerakan tertentu.

Apakah rumah sakit kesal jika saya langsung ke dokter hanya untuk menanyakan gerakan bayi saya yang menurut saya kurang aktif? Nicole Ireland dari Stillbirth and Neonatal Death Support (Sands) Queensland mengatakan intuisi ibu adalah istilah kuno, namun sarat makna. Ibu yang paling tahu gerakan bayinya.

"Jangan bereaksi berlebihan, namun sangat penting untuk berbicara dengan seseorang atau memeriksakannya," kata Ireland.

Mungkinkah bayi saya sedang tidur? Bayi di dalam rahim memang harus tidur. Janin biasanya tidur setiap 20 hingga 40 menit sekali.

Normalkah bayi yang sedikit bergerak selama di rahim? Gerakan bayi mungkin akan berubah, kadang kaku, namun jumlah dan pola gerakannya tak akan berubah. Tidak ada bukti mengatakan bayi yang sehat bergerak lebih sedikit di akhir masa kehamilan atau menjelang persiapan persalinan.

Jika dokter atau bidan menampik intuisi saya, bagaimana cara meyakinkannya?
Ireland menilai ibu mana pun yang merasakan keanehan pada gerakan janinnya harus kembali mencari perawatan alternatif. Mereka diminta selalu memeriksakan secepat mungkin dan sedini mungkin.

"Salah satu hal terpenting yang dapat Anda lakukan adalah mencari dokter atau konsultan kandungan yang bersedia menemui Anda kapan pun dibutuhkan," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement