Rabu 13 Jun 2018 13:51 WIB

Ramadhan, Penjualan Pakaian Muslim Zalora Naik 25 Kali

Ada pertumbuhan yang sangat tinggi di industri retail menjelang dan selama Ramadhan.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Ratna Puspita
Tangkapan layar koleksi Zaloraramadhan 2018.
Foto: Zalora.co.id
Tangkapan layar koleksi Zaloraramadhan 2018.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Toko online fashion dan kecantikan, Zalora, sukses menyelenggarakan kampanye Zaloraramadhan 2018. Lewat program tersebut, Zalora mencatat peningkatan penjualan pakaian muslim hingga 25 kali dibandingkan hari biasanya.

CEO Zalora Indonesia Anthony Fung mengatakan ada pertumbuhan yang sangat tinggi di industri retail menjelang dan selama Ramadhan. “Peningkatan penjualan yang signifikan ini menjadi tanda pergeseran perilaku belanja masyarakat menjadi online," kata dia dalam keterangannya kepada Republika.co.id, Rabu (2/6).

Zalora mencatat sejumlah perilaku konsumen selama Ramadhan. Fakta menarik pertama, yakni peningkatan belanja pelanggan pada saat sahur. 

Fakta lainnya, Zalora mencatat ada peningkatan aktivitas belanja pada pelanggan yang berumur 21 sampai dengan 35 tahun. “70 persen dari total transaksi berasal dari grup umur tersebut,” kata Anthony.

Kebanyakan pelanggan bertransaksi melalui mobile, ditandai dengan traffic yang tinggi dari aplikasi. Sementara wilayah yang paling dominan dalam akumulasi transaksi berasal dari berbagai DKI Jakarta, diikuti oleh Jawa Barat, Banten dan Jawa Timur.

Produk yang banyak dicari perempuan menjelang Idulfitri tahun ini, yakni kaftan, blouse, sepatu hak tinggi, sepatu flat dan jam tangan. Sedangkan produk-produk yang banyak dicari pria adalah baju koko, kemeja, kaos kasual, sepatu sneakers dan jam tangan. 

photo
Zaloraramadhan 2018.

Anthony menambahkan Zalora sudah mengantisipasi lonjakan penjualan menyambut Hari Raya Idulfitri. Karena itu, Zalora bekerja sama dengan banyak label lokal, dan internasional untuk menyiapkan berbagai pilihan produk berkualitas. 

Selain itu, Zalora juga berkolaborasi dengan delapan top desainer busana muslim Indonesia untuk meluncurkan koleksi eksklusif. Zalora juga mengadakan berbagai rangkaian acara dan kampanye untuk menyambut Ramadhan. 

Anthony mengungkapkan, rangkaian acara dan kampanye yang disampaikan melalui video ‘Rayakan dengan Ikhlas’ melibatkan tiga desainer ternama Indonesia, yaitu Ria Miranda, Vivi Zubedi dan Nabila Hatifa. Video itu membuat Zaloraramadhan tahun ini semakin semarak. 

Hal ini, dia mengatakan, terbukti dari penjualan koleksi spesial Ria Miranda untuk Zalora. Menurut dia, koleksi itu hampir habis terjual dalam kurun waktu beberapa jam saja.

Beberapa label favorit di Zalora, yakni Mango, Hush Puppies, Kamilaa by Itang Yunasz, Vans, Levis, Carvil, Lois Jeans. Ada juga beberapa label milik Zalora. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement