Jumat 15 Jun 2018 04:05 WIB

Wanda Hamidah Berlebaran Khas Betawi

Wanda tidak pernah mudik karena ibunya asli Betawi.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Indira Rezkisari
Wakil Sekjen Persatuan Artis Film Indonesia (PARFI) 56 - Wanda Hamidah
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Wakil Sekjen Persatuan Artis Film Indonesia (PARFI) 56 - Wanda Hamidah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wanda Hamidah merupakan orang Betawi yang tidak memiliki tradisi mudik ketika Idul Fitri. Meski begitu, dia merayakannya dengan berbagai makanan khas Betawi untuk hidangan Lebaran.

"Saya Jakarta saja dari dulu tidak pernah punya tradisi mudik karena tidak punya kampung. Karena ibu saya Betawi," kata Wanda.

Setiap tahun dia menghabiskan waktunya di Jakarta saat Idul Fitri. Bersilaturahmi bersama keluarga dan teman-teman terdekat, dengan tidak lupa menyantap makanan khas Betawi.

"Pasti ada, ya itu tadi yang pasti ada itu ketupat sayur sama semur ya," kata ibu empat anak itu.

Artis ini menjelaskan, setiap setelah Idul Fitri, keluarganya akan mengadakan sungkeman terlebih dahulu sebelum menyantap hidangan. Mereka yang lebih muda akan mencium tangan yang lebih tua sambil memohon maaf.

Setelah acara sungkeman selesai, dia dan keluarga baru akan melakukan ziarah ke Taman Pemakaman Karet. Di sana merupakan tempat istirahat terakhir kakek neneknya, serta adik.

Untuk memeriahkan suasana Lebaran pula, Wanda biasanya mencoba mencocokkan pakaian keluarganya. Meski tidak seragam, namun masih memiliki sentuhan warna yang serupa agar lebih kompak.

"Tidak pernah seragaman, biasanya kalau seragaman pun misalnya senada," kata Wanda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement