Jumat 08 Jun 2018 10:07 WIB

Tip Rencanakan Liburan Bebas Repot ke Luar Negeri

Waktu tempuh singkat selalu membawa konsekuensi harga yang lebih mahal.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Keindahan alam Indonesia menarik minat wisatawan untuk melancong.
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Keindahan alam Indonesia menarik minat wisatawan untuk melancong.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selain mudik ke kampung halaman, momen Lebaran juga sering kali dimanfaatkan masyarakat Tanah Air untuk liburan, baik itu di dalam negeri maupun ke luar negeri.

Banyak persiapan yang harus dilakukan sebelum berangkat menuju destinasi wisata yang diinginkan, khususnya bila tujuannya berada di luar negeri. Pendiri Travkart Manheer Singh Sethi dan Wakil Presiden Eksekutif Cleartrip Anand Kandadai memberikan beberapa tip.

1. Memilih apa yang ingin dilakukan

Ketika sudah memilih tempat liburan, buatlah daftar kegiatan apa yang ingin dilakukan.

 

2. Memilih durasi perjalanan

Seperti yang dikutip dari Indian Express, Jumat (8/6), makin lama perjalanan maka akan makin sedikit waktu yang tersisa di tempat liburan. Perjalanan singkat akan selalu memiliki harga lebih mahal.

 

3. Memilih paket perjalanan yang terjangkau

Cobalah mencari tahu biaya pasti dari beberapa paket perjalanan dan layanan utama di tempat tujuan. Setelah semuanya sesuai dengan anggaran, pelancong bisa memprosesnya lebih lanjut.

 

4. Rencanakan akomodasi

Jika Anda adalah tipe orang yang suka bersosialisasi, hostel adalah pilihan terbaik karena Anda akan bertemu banyak wisatawan asing dan berbagi pengalaman dengan mereka. Jika ingin merasakan budaya lokal, Anda bisa memilih homestay.

 

5. Periksa visa dan paspor

Jika Anda pergi ke negara yang memerlukan visa, periksalah lebih awal dan rencanakan sesuai jadwal. Periksa juga paspor Anda berlaku setidaknya enam bulan saat memasuki negara itu.

 

6. Obat-obatan

Banyak negara mengharuskan Anda memiliki vaksin tertentu. Namun, jika Anda berpergian di Eropa, Amerika Utara, dan Australia, mungkin Anda tidak memerlukan vaksin apa pun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement