Sabtu 26 May 2018 10:38 WIB

Pasar Rempah Kenalkan Kekayaan Rempah Nusantara

Kenal dan rayakan kekayaan rempah Nusantara

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Esthi Maharani
Rempah-rempah khas indonesia.
Foto: Tahta Aidilla/Republika.
Rempah-rempah khas indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Di masa silam, Indonesia dikenal dunia sebagai sumber rempah yang berlimpah. Hingga kini pun, Indonesia tetap memiliki kekayaan rempah yang tersebar di seantero Nusantara.

Jika penasaran dengan sederet rempah yang Indonesia miliki, sila datang ke acara Pasar Rempah. Acara besutan organisasi nirlaba Yayasan Negeri Rempah pada Sabtu dan Ahad (26-27/5) di The Bellezza Permata Hijau, Jakarta.

"Kami mengajak masyarakat untuk mengenal dan merayakan kekayaan rempah Nusantara dengan cara yang sederhana: saling berbagi," ungkap Kumoratih Kushardjanto, salah satu pendiri Yayasan Negeri Rempah.

Sederet acara yang dihadirkan yaitu bazaar produk olahan rempah atau yang terinspirasi dari rempah, sesi berbagi (penyampaian materi edukatif), dan icip kuliner. Seluruh rangkaian kegiatan terbuka untuk umum dan gratis.

Ratih memerinci, sesi berbagi Pasar Rempah memiliki lima tema spesial. Semuanya terkait rempah, yang tidak hanya bermanfaat untuk produksi makanan, tetapi juga bisa dimanfaatkan untuk banyak hal, termasuk mewarnai kain.

Tema tersebut yaitu "Sasirangan Warna Alam dari Rempah", "Mengenal Tradisi Kuliner dari Tanah Rempah Tidore", "Rempah-Rempah untuk Perawatan Tubuh", "Pembuatan Kopi Cold Brew ala Rumahan", dan "Jelajah Negeri Rempah". Seluruh materi disampaikan oleh praktisi dan pemerhati yang sesuai dengan bidang masing-masing.

"Jalur rempah bukan hanya soal perdagangan rempah, tetapi juga menghasilkan pertukaran ilmu, budaya, sosial, bahasa, keahlian-ketrampilan, dan lainnya," tutur Ratih.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement