Jumat 25 May 2018 05:29 WIB

Tip Sehat Terapkan Pola 'Makan Bersih'

Kebiasaan makan bersih membuat tubuh mendapat nutrisi terbaik.

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Esthi Maharani
Konsumsi buah dan sayur secara rutin untuk menjaga kesehatan mental jiwa.
Foto:
Air Putih

4. Awas garam dan gula tambahan

Makanan bersih secara alami rendah garam dan gula. Baca label makanan untuk mengantisipasi pemanis buatan dan garam tambahan, bahkan dalam makanan yang tampak sehat sekalipun, seperti yogurt dan saus tomat. Perhatikan berapa banyak yang Anda tambahkan ke dalam makanan dan minuman Anda. Coba beri makanan dengan bumbu dan rempah alami sebagai gantinya.

5. Skip bahan buatan

Pewarna buatan, pemanis buatan, pengawet, dan bahan buatan manusia lainnya tidak mendapat tempat dalam pola makan bersih. Baca label makanan dan hindari membeli makanan dan minuman palsu.

6. Banyak minum air putih

Alih-alih membeli minuman ringan, bersoda, dan jus, minumlah minuman yang rendah kalori, seperti air putih dan teh herbal. Air dapat menahan rasa lapar, membantu Anda merasa kenyang, sekaligus menangkis rasa lelah dan memberi tubuh lebih banyak energi. Ingin minuman beraroma? Cukup masukkan sepotong jeruk atau setangkai daun mint ke dalam air minum.

7. Hindari alkohol dan kafein

Makan bersih berarti Anda mengonsumsi tidak lebih dari 400 miligram kafein atau sekitar tiga hingga lima cangkir kopi seukuran delapan ons per hari. Anda juga sebaiknya menghindari minuman beralkohol.

8. Organik lebih bagus

Petani organik menggunakan pupuk dan pestisida alami, bukan kimia. Produk organik adalah cara terbaik untuk makan bersih. Ini kembali pada diri Anda untuk memutuskan bagaimana pola diet terbaik. Anda bisa berbelanja langsung buah dan sayur ke petani setempat untuk bisa menghindari makanan nonorganik.

9. Cerdas tentang daging dan susu

Daging, produk susu, dan telur yang Anda beli di toko mungkin berasal dari hewan yang mendapat suntikan hormon pertumbuhan dan antibiotik. Pemakan bersih menghindari hal ini dan memilih daging serta susu yang dihasilkan secara organik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement