Jumat 25 May 2018 05:29 WIB

Tip Sehat Terapkan Pola 'Makan Bersih'

Kebiasaan makan bersih membuat tubuh mendapat nutrisi terbaik.

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Esthi Maharani
Konsumsi buah dan sayur secara rutin untuk menjaga kesehatan mental jiwa.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Konsumsi buah dan sayur secara rutin untuk menjaga kesehatan mental jiwa.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Pola makan bersih atau clean eating saat ini dianggap sebagai gaya hidup sehat. Pola makan ini bisa berbasis gandum dan biji-bijian, tanpa pestisida, tanpa bahan pengawet, juga tanpa pemanis buatan.

Kebiasaan makan bersih membuat tubuh mendapat nutrisi terbaik dan memberi bentuk tubuh ideal. Berikut adalah tip agar Anda bisa menerapkan pola makan bersih, dilansir dari Web MD, Kamis (24/5).

1. Pilih makanan utuh

Ide dasar dari makan bersih adalah memilih makanan sealami mungkin. Jadi, alih-alih makan makanan kemasan, pilihlah yang segar dan utuh. Anda pikirkan buah yang dipetik langsung dari batangnya, bukan jus buah kemasan. Anda pikirkan ayam utuh, bukan nugget ayam atau sosis ayam.

2. Perbanyak biji-bijian

Karbohidrat olahan, seperti roti putih, pasta, dan nasi, kehilangan nutrisi selama proses pembuatannya. Tukarlah roti putih dengan roti gandum dan pasta dengan beras merah. Pilih biji-bijian sehat, seperti havermut, pop corn, barley, atau bulgur. Studi menunjukkan diet kaya biji-bijian menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes tipe-2, dan kanker usus.

3. Utamakan buah dan sayur

Makan bersih berarti semua produk harus segar. Opsi makanan kalengan atau makanan beku adalah pilihan terakhir. Baca label pada kaleng untuk memastikan tidak ada tambahan gula atau garam.

Pilih buah utuh daripada jus. Jus mengandung lebih sedikit serat dan lebih banyak gula. Usahakan mengonsumsi setidaknya lima hingga sembilan porsi buah dan sayuran setiap hari, bergantung pada kalori yang Anda butuhkan dan tingkat fisik aktivitas.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement