Senin 21 May 2018 11:53 WIB

Kecanduan Ponsel Pengaruhi Kesehatan Kulit

Kulit yang tidak sehat menyebabkan jerawat hingga dehidrasi.

Rep: Noer Q Kusumawardhani/ Red: Indira Rezkisari
Kebiasaan tidak bisa jauh dari ponsel ternyata mempengaruhi kesehatan kulit.
Foto: Pixabay
Kebiasaan tidak bisa jauh dari ponsel ternyata mempengaruhi kesehatan kulit.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ponsel seolah tak bisa dilepaskan dari kehidupan banyak orang saat ini. Sebelum tidur pada umumnya orang-orang akan menjelajah dunia maya ataupun mengirim pesan pada teman-teman hingga larut malam.

Banyak yang tidak sadar kebiasaan tersebut mempengaruhi kesehatan kulit manusia. Seperti diikutip dari Times of India, Senin (21/5) berikut ini bagaimana kebiasaan selalu memegang ponsel mempengaruhi kesehatan kulit.

Ponsel dapat menghalangi pola tidur

Lampu ponsel benar-benar merusak ritme tidur dan membuat tubuh lebih sulit untuk tidur bahkan setelah ponsel dimatikan. Dengan kurang tidur, kulit cenderung kehilangan kelembaban hingga menjadikan kulit dehidrasi dan kusam seiring waktu.

Kecanduan ponsel menyebabkan lebih banyak stres

Jika tidak dapat hidup tanpa telepon, Anda jelas kecanduan ponsel. Ketakutan akan 'tidak ada ponsel' dan ingin memeriksa notifikasi ponsel disebut Nomophobia. Bila baterai habis atau tidak ada koneksi internet, sindrom ini hanya menyebabkan stres.

Semua stres ini pada akhirnya akan berdampak pada kulit dan menyebabkan jerawat. Tahukah Anda panas yang dihasilkan oleh ponsel dapat menyebabkan bintik hitam dan bahkan hiperpigmentasi.

Baca juga: Rahasia Maudy Koesnadi Jaga Kecantikan Kulitnya

Mempengaruhi mata

Pernahkah memperhatikan, mata menyipitkan sebentar saat melihat telepon Anda. Semburan konstan menyebabkan kerutan di sekitar mata. Font di layar ponsel kecil dan itulah sebabnya mata berkontraksi lebih banyak dengan otot untuk fokus lebih baik. Semua ini menyebabkan penuaan dini, yang bisa memicu kerutan di sekitar mata.

Selalu lelah

Terus-terusan berkutat dengan ponsel benar-benar dapat membuat lelah. Bahkan jika tidak melakukan aktivitas fisik apapun, hanya fokus pada ponsel dapat membuat Anda lelah. Baik itu gim di ponsel atau video viral, semua membuat kulit terlihat lelah dan kusam seiring berjalannya waktu.

Kerutan di leher

Memeriksa ponsel terus melihat ke bawah pada layar menyebabkan gerakan berulang pada leher. Akhirnya menyebabkan bekas pada kulit halus dan kehilangan elastisitasnya. Untuk menghindari hal ini, Anda dapat melatih postur yang baik (secara sadar melihat lurus) dan bahkan melembabkan kulit untuk meningkatkan pembaharuan sel.

Jerawat

Ponsel layaknya magnet bagi bakteri dengan semua paparan di siang hari. Dengan setiap panggilan telepon, Anda membiarkan kuman menempel pada kulit. Hal itu dapat menyebabkan jerawat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement