Sabtu 19 May 2018 21:53 WIB

Ratu Elizabeth II Pinjamkan Tiara untuk Meghan Markle

Istana Kensington menyatakan tiara berlian bandeau dibuat pada 1932.

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Ratna Puspita
Pernikahan Meghan Markle dan Pangerang Harry.
Foto: EPA-EFE/ANDY RAIN
Pernikahan Meghan Markle dan Pangerang Harry.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Tiara berlian bandeau, yang dikenakan Meghan Markle di hari pernikahannya dengan Pangeran Harry pada Sabtu (19/5), ternyata milik Ratu Mary. Tiara itu dipinjamkan langsung kepada Meghan oleh Ratu Elizabeth II.

Dilansir di Fox News, Sabtu, sebelum Markle memasuki pintu masuk St. George's Chapel di Windsor Castle, ada banyak spekulasi tentang tiara yang akan dikenakannya. Namun, penonton kemudian disuguhi tiara berlian bandeau yang menurut Istana Kensington dibuat pada 1932, tetapi seluruh materialnya berasal dari 1893.

Kerudung putih panjang Markle ditempatkan tepat di tiara berlian tersebut. Tiara itu sebelumnya dihiasi dengan batu safir di tengahnya, tetapi Markle memilih untuk menghiasinya dengan berlian.

Gaun pengantin Markle dirancang oleh desainer Inggris Clare Waight Keller dari House of Givenchy. Istana Kensington mengatakan dalam sebuah pernyataan, Markle memilih untuk bekerja sama dengan Keller setelah bertemu dengannya awal tahun ini.

 

Ketika Markle tiba di altar untuk mendampingi calon suaminya, Pangeran Harry mengatakan kepadanya, "Kamu tampak luar biasa." Keduanya bertukar sumpah setia dan bertukar cincin pernikahan di hadapan 600 tamu undangan.

Markle memilih untuk tidak mengucapkan sumpah tradisional yang menyatakan ia akan 'patuh' terhadap Pangeran Harry. Keduanya memilih sumpah pernikahan seperti yang termuat dalam The Marriage Service from Common Worship yang menyatakan keduanya akan bersama dalam keadaan suka maupun duka sampai maut memisahkan.

Markle didampingi oleh Pangeran Charles saat berjalan menuju altar pelaminan. Ia juga didampingi oleh 10 anak-anak pendamping pengantin. Dua di antaranya adalah anak Pangeran William dan Kate Middleton, yaitu Pangeran George dan Putri Charlotte.

Dalam upacara pernikahan ini, terlihat Ratu Elizabeth II turut hadir mendampingi suaminya, Pangeran Philips. Selain keluarga kerajaan, upacara pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle juga dihadiri banyak tokoh ternama, beberapa di antaranya adalah Victoria dan David Beckham, Amal dan George Clooney, Oprah Winfrey, hingga Elton John.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement