Sabtu 19 May 2018 16:11 WIB

Detail Pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle

Pernikahan Harry-Markle jadi sorotan dunia.

Rep: Puti Almas/ Red: Nur Aini
Pangeran Harry dan Meghan Markle.
Foto: EPA
Pangeran Harry dan Meghan Markle.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Hanya dalam hitungan jam, Pangeran Harry dan Meghan Markle akan mengikat sumpah pernikahan sehidup semati. Pernikahan di keluarga Kerajaan Inggris tersebut telah menjadi sorotan dunia sejak beberapa bulan lalu, hingga hari yang dinanti pada Sabtu (19/5) ini tiba.

Berbagai persiapan telah dilakukan. Ratusan ribu orang telah berkumpul di sepanjang jalan-jalan di sekitar Kapel St George di kastil Windsor, tempat pernikahan Pangeran Harry dan Meghan akan berlangsung. Prosesi resmi acara tersebut dijadwalkan berlangsung pukul 11 pagi waktu setempat.

Di balik acara megah kerajaan Inggris ini, ada berbagai fakta menarik mengenai pernikahan Pangeran Harry dan Meghan. Dilansir People Royal, mulai dari apa saja permintaan serta hal lainnya yang berbeda dalam pernikahan keduanya, dibanding dengan tradisi yang selama ini diketahui dunia mengenai acara tersebut.

1. Terdapat kesalahan mencolok

Istana Inggris salah menuliskan detail mengenai rangkaian hari besar Pangeran Harry dan Meghan. Salah satunya adalah masih terdapatnya nama Thomas Markle, ayah dari Meghan yang sebenarnya batal untuk mendampingi putrinya untuk turun ke altar pernikahan karena alasan sakit.

2. Pangeran Harry dan Pangeran William tiba pukul 6.40 pagi

Calon pengantin pria, bersama dengan saudara laki-lakinya Pangeran William akan tiba pukul 6.40 pagi, bersama dengan ibu tiri mereka Duchess of Cornwall Camilla, Pangeran Charles, hingga kemudian Ratu Elizabeth II.

3. Saling bertukar cincin

Dalam pernikahan Pangeran Harry dan Meghan, sesuai yang tercatat dalam Order of Service Istana Inggris, mereka akan saling bertukar cincin. Hal itu berbeda dengan pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton, di mana hanya pengantin wanita yang saat itu mengenakan cincin.

4. Ada berbagai jenis musik di acara pernikahan

Musik yang mengiringi acara pernikahan Pangeran Harry dan Meghan dipastikan beragam. Mulai dari klasik, hingga lagu tradisional Irlandia akan dilantunkan.

5. Pangeran Charles turut pilih musik pembuka

Pangeran Harry meminta sang ayah Pangeran Charles untuk membantu memilih musik pembuka dalam acara besarnya. Musik tersebut akan dilantunkan saat sejumlah tamu mulai memasuki Kapel St. George dan dipastikan ini adalah musik orkestra yang menarik.

6. Kakak Putri Diana akan perpartisipasi

Saudara perempuan tertua dari Putri Diana, ibu Pangeran Harry, Lady Jane Fellowes akan turut berpartisipasi dalam pernikahan sang keponakan. Ia akan membaca bagian dari Kidung Agung dalam acara itu.

7. Meghan hilangkan kata "taat" dalam sumpah

Seperti halnya Putri Diana dan Kate Middleton, Meghan akan menghilangkan kata taat dalam sumpah sehidup semati yang ia bacakan kepada Pangeran Harry.

8. Berciuman di Luar Kapel

Dalam rangkaian acara Pangeran Harry dan Meghan tak ada momen dalam kapel, di mana pengantin pria dipersilakan untuk mencium pengantin perempuan. Namun, keduanya akan berciuman ketika keluar dari Kapel St. George setelah upacara pernikahan berlangsung.

9. Diakhiri dengan lagu kebangsaan Inggris

Lagu kebangsaan Inggris, God Save the Queen akan dilantunkan di akhir acara pernikahan Pangeran Harry dan Meghan. Itu adalah tradisi pernikahan kerajaan yang nampaknya tak akan pernah dilewatkan.

Baca: Pernikahan Harry-Meghan Dobrak Tradisi Kerajaan Inggris

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement