Jumat 18 May 2018 22:20 WIB

Berlian Bersejarah Farnese Blue Terjual 6,7 Juta Dolar AS

Farnese Blue diwariskan turun-temurun di kalangan keluarga kerajaan selama 300 tahun.

Berlian bersejarah Farnese Blue.
Foto: Reuters
Berlian bersejarah Farnese Blue.

REPUBLIKA.CO.ID, JENEWA -- Berlian biru Farnese, yang diwariskan turun-temurun di kalangan keluarga kerajaan Eropa selama 300 tahun, terjual pada pelelangan di Jenewa seharga 6,7 juta Swiss franc atau 6,7 juta dolar AS. Harga ini melampaui estimasi para juru lelang Sotheby’s, yang memperkirakan intan itu akan terjual seharga 3,5-5 juta.

VOA Indonesia mengutip Reuters melaporkan, intan berwarna biru-abu gelap 6,16 karat dari tambang berlian Golconda di India, pertama kali diberikan kepada Elisabeth Farnese, putri dari Duke of Parma pada 1715, ketika Elisabeth menikah dengan Philip V dari Spanyol.

Berlian itu kemudian diwariskan selama lebih dari tujuh generasi. Dan ketika keturunan mereka menikah dengan keluarga-keluarga kerajaan Eropa lainnya, berlian itu pun turut mengembara mulai dari Spanyol hingga Perancis, Italia, dan Austria.

Dua perhiasan lainnya pada pelelangan itu juga terjual dengan harga lebih tinggi dari harga perkiraan. Cincin intan berbentuk oval dengan berat 50,39 karat terjual seharga 8,1 juta Swiss franc, sedangkan perhiasan berlian lainnya 51,71 karat terjual seharga 9,26 juta Swiss franc.

sumber : VOA Indonesia
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement