Selasa 15 May 2018 07:45 WIB

Kesalahan Umum Menyeduh Kopi

Salah satu kesalahan menyeduh kopi adalah menggunakan air yang sangat panas.

Rep: MGROL102/ Red: Yudha Manggala P Putra
Barista menunjukan cara membuat kopi. Ilustrasi
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Barista menunjukan cara membuat kopi. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak orang Indonesia masih beranggapan bahwa kopi itu pahit. Padahal kopi tak hanya memiliki rasa pahit, tapi juga rasa manis atau asam. Rasa pahit itu hanyalah sebagian kecil dari rasa kopi.

"Kopi banyak sekali aneka ragamnya. Salah satunya ada asem, ada manisnya. Manisnya bisa rasa buah, asamnya juga bisa asam-asam buah," jelas Barista dan pemilik kedai kopi Iyan Muhazan saat ditemui Republika.co.id usai mengikuti kompetisi Manual Brew Fun Battle, Ahad (13/5) kemarin.

Menurutnya rasa pahit yang dihasilkan kopi dapat disebabkan karena cara penyeduhan kopi yang salah. Misalnya, menggunakan air yang sangat panas. "Orang Indonesia banyak yang nyeduh kopi pakai suhu yang panas, digodok lagi. Makanya pahit," jelas pria kelahiran Palembang ini.

Jika kopi sudah terlanjur pahit, biasanya orang kerap menambahkan gula. Padahal menurut Iyan, penambahan gula pada kopi adalah salah satu hal yang salah dalam membuat kopi.

"Gula itu adalah musuh terbesar dari si kopi. Gula itu dalam segi kesehatan hanya bisa menambahkan gula darah di dalam tubuh yang bisa berpotensi dengan diabetes," ujarnya.

Selain itu, dalam dunia perkopian dianggap merusak rasa kopi. "Kalau di dalam perkopian atau ilmu barista, gula itu akan merusak cita rasa kopi ini. Kopi itu kan ada asemnya, ada manisnya. Kalau udah dicampur gula hilang sudah," kata Iyan.

Baca juga: Ini Waktu Terbaik untuk Menyeruput Kopi

                    Tips Menyeduh Kopi Manual Brew di Rumah

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement