Selasa 08 May 2018 16:18 WIB

Peluncuran Buku Fotografi Barus akan Dihadiri Tokoh Nasional

Sumber daya alam dari Barus banyak dimanfaatkan tokoh terkenal seperti Ibnu Sina.

Peluncuran buku Barus Kota Emporium dan Peradaban Nusantara
Foto: Dok pri
Peluncuran buku Barus Kota Emporium dan Peradaban Nusantara

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA – Fotografer senior Hasiholan Siahaan XIV akan meluncurkan buah karya terbarunya, yakni buku fotografi berjudul Barus Kota Emporium dan Peradaban Nusantara. Peluncuran buku akan digelar di Pusat Kebudayaan Prancis-Institut Francais d’ Indonesia, Jalan Wijaya I No 48, Petogogan, Kebayoran baru, Jakarta Selatan, Sabtu (19/5),  pukul 15.00-17.00 WIB mendatang.

"Buku fotografi yang menceritakan tentang sejarah Kota Barus di Sumatra Utara ini merupakan hasil karya seni jurnalistik Hasiholan Siahaan XIV atau akrab disapa Olan," kata Direktur PT Astra Graphia Tbk Mangara Pangaribuan, Selasa (8/5).

Secara pribadi, Hasiholan merupakan sosok yang memiliki passion dan pengamatan dalam meneliti hingga berbaur dengan masyarakat di Barus. Sehingga, buku ini telah berbicara dengan sendirinya kepada pembaca mengenai kejayaan Barus pada abad 15-17 SM sebagai peradaban yang bukan hanya memiliki kekayaan sumber daya alam melimpah, melainkan juga menjadi diorama sosial yang heterogen karena pluralitasnya.

Secara garis besar, plot buku ini mengambil dua sudut pandang apik yang memadukan Barus sebagai pivot peradaban nusantara, yang banyak dimanfaatkan tokoh-tokoh terkenal kala itu. Sebut saja Ibnu Sina, yang memanfaatkan kekayaan alam Barus untuk ilmu kedokterannya. Di sisi lain, sudut pandang Barus sebagai wilayah dengan peradaban yang plural menjadi keunikan tersendiri untuk merefleksikan kondisi sosial Indonesia hingga kini.

Peluncuran buku Barus Kota Imporium dan Peradaban Nusantara rencananya akan dibuka Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjoyo. Acara peluncuran buku akan diisi sesi diskusi dengan narasumber, di antaranya, adalah Duta Besar Prancis untuk Indonesia Jean-Charles Berthonet, anggota DPR  Maruarar Sirait,  hingga Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak 2009-2014 Meutia Hatta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement