Jumat 04 May 2018 13:50 WIB

Ponsel Bisa Picu Jerawat

Ponsel menjadi salah satu benda yang rentan ditempeli kotoran dan bakteri.

Rep: MGROL102/ Red: Yudha Manggala P Putra
Perempuan menelepon di ponselnya.
Foto: pixabay
Perempuan menelepon di ponselnya.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Penggunaan telepon seluler (ponsel) yang menempel ke wajah dapat berpotensi menyebabkan jerawat dan masalah kulit lain pada wajah. Hal ini disebabkan kotoran seperti debu dan partikel lain yang banyak menempel di permukaan ponsel.

Dr Estee Williams, dokter kulit dan bedah kosmetik di New York, seperti dikutip Huffington Post, Rabu (2/5), mengatakan bahwa ponsel juga tempat banyak bakteri berkumpul, meski sebenarnya bukan itu penyebab utama timbulnya jerawat.

"Jika ada banyak penumpukan kotoran di telepon genggam, secara teoritis ini dapat menyumbat pori-pori Anda dan penyumbatan di pori-pori dapat memicu jerawat, bukan karena bakteri," ujar Estee. "Ini karena kotoran di telepon," katanya menambahkan.

Dr Joshua Zeichner, direktur penelitian kosmetik dan klinis di bidang dermatologi di Mount Sinai Hospital, New York, mengatakan bahwa jerawat pada dasarnya disebabkan oleh genetika. Namun, ia juga sepakat bahwa penggunaan telepon yang terus-menerus menempel di kulit bisa menjadi faktor meningkatnya risiko jerawat.

"Ponsel dipegang ke wajah sehingga minyak, kotoran, dan riasan dapat terakumulasi di permukaan ponsel. Jika Anda memegang telepon pada lain waktu, lalu mengembalikan ke wajah, ini akan berkontribusi menyebabkan peradangan dan penutupan pori-pori," katanya.

Baik Williams maupun Zeichner mencatat bahwa jika mereka menemukan pasien yang memiliki jerawat hanya pada satu sisi di wajahnya, salah satu hal ini disebabkan kebiasaan penggunaan ponsel pada pasien.

Jika pori-pori tertutup, minyak alami di kulit tidak dapat mengalir bebas. Untuk mencegah hal itu, mereka menyarankan membersihkan telepon secara teratur dengan bahan aman untuk menghindari kotoran dan minyak yang dapat menyumbat pori-pori dan bakteri.

Namun, bagi mereka yang sudah rentan terkena jerawat, Zeichner menekankan pentingnya membersihkan kulit dengan produk wajah yang tepat. Selain itu, dia juga menekankan kepada meeka untuk beralih memanfaatkan earphone dan alat bicara berbasis bluetooth daripada meletakkan ponsel langsung di wajah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement