Kamis 03 May 2018 18:07 WIB

Kebutuhan Nutrisi Wanita Itu Unik

Tubuh wanita mencerna dan memproses makanan secara berbeda.

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari
Kesehatan wanita harus selalu dijaga dari seluruh aspek
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Kesehatan wanita harus selalu dijaga dari seluruh aspek

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wanita memiliki kebutuhan nutrisi berbeda dari pria, terutama selama fase kehamilan dan menopause. Kementerian Kesehatan Amerika Serikat memaparkan sederet ketentuan nutrisi yang dibutuhkan wanita, dilansir dari US News, Kamis (3/5).

Kalori

Wanita membutuhkan kalori lebih sedikit dibanding pria. Ini karena otot wanita lebih sedikit ketimbang pria. Lemak wanita juga jauh lebih sedikit dari pria.

Kebutuhan kalori wanita dewasa berusia 16-30 tahun umumnya berkisar 2.125-2.250 kalori per hari, sementara pria dewasa dengan rentang umur yang sama butuh lebih banyak, 2.625-2.725 kalori per hari.

Kebutuhan pria lebih besar sebab pria umumnya memerlukan lebih banyak energi untuk beraktivitas, meski ukuran dan berat badan pria tersebut sama dengan wanita.

Vitamin dan mineral

Kalsium, zat besi, dan asam folat adalah vitamin dan mineral penting bagi wanita, terutama sepanjang fase kehamilan. Zat besi berfungsi untuk membawa oksigen dari paru-paru ke jaringan tubuh dan mengembangkan saraf di dalam kandungan. Asam folat berguna untuk sintesis DNA dalam sel. Kalsium untuk menjaga kesehatan tulang, sebab ibu hamil menanggung beban lebih berat dari biasanya.

Risiko kesehatan

Wanita lebih mudah mengalami masalah kesehatan, seperti penyakit celiac dan intoleransi laktosa. Celiac adalah reaksi negatif kekebalan tubuh saat mengonsumsi gluten. Ini adalah protein yang sering ditemukan dalam gandum, barley dan rye. Sebanyak 60-70 persen wanita rentan terkena penyakit ini. Gejala yang muncul seperti penurunan berat badan, kembung, sakit perut parah, dan diare.

Metabolisme

Tubuh wanita mencerna dan memproses makanan secara berbeda. Tubuh wanita membakar lebih sedikit kalori saat berolah raga dan saat beristirahat ketimbang pria.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement