Senin 30 Apr 2018 16:09 WIB

Ancol Hadirkan Festival Minangkabau

Setelah mengangkat budaya Bali kini Ancol membawa ragam budaya Minang.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Indira Rezkisari
Sejumlah pengunjung memasuki kawasan wisata Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta (ilustrasi)
Foto: Republika/Mahmud Muhyidin
Sejumlah pengunjung memasuki kawasan wisata Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ancol akan menggelar festival bertemakan Ancol Kampoeng Minangkabau Festival 2018 pada Selasa (10/5) hingga Jumat (13/5) di Pantai Lagoon Ancol, Jakarta Utara. Sambil menyambut bulan suci Ramadhan dan juga bertepatan dengan libur panjang, Taman Impian Jaya Ancol menyiapkan sebuah rangkaian acara bertema kebudayaan asal Sumatra Barat itu.

Direktur Rekreasi PT Taman Impian Jaya Ancol, Teuku Sahir Syahali mengatakan, pada perhelatan ini nantinya akan ditemui semua unsur kebudayaan dan kesenian khas Minangkabau seperti Arak-Arakan, Tambua Tansa dan Makan Bajamba, Rabab Tradisional, Salawat Dulang Tradisional, Festival 1.000 Randai, Permainan Tradisional KIM, serta Tarian Tradisional.

"Kami harap, hadirnya Kampoeng Minangkabau dapat menjadi salah satu wadah untuk memamerkan dan memperkenalkan kebudayaan Indonesia khususnya Minang kepada masyarakat Jakarta dan sekitarnya. Sebab, budaya Indonesia sangat kaya, jadi harus diperkenalkan kepada masyarakat pengunjung Ancol agar tetap lestari," ujar Teuku melalui siaran pers yang diterima Republika.co.id, Senin (30/4).

Selain itu, selama empat hari nanti, pengunjung dimanjakan dengan sajian kuliner khas Minangkabau yang terkenal memiliki rasa pedas dari penggunaaan bumbu khas dan rempah-rempah. Sebut saja nasi kapau, rendang, itiak lado hijau dan sate danguang-nguang tersaji dalam perhelatan ini. Tidak ketinggalan jajanan seperti es tebak, martabak hayuda, lontong kapua dan bika amak juga akan dapat ditemui di festival ini.

Salah satu kuliner yang tak kalah menarik untuk dicoba yaitu Teh Talua (Teh Telor). Merupakan salah satu minuman khas Minangkabau yang bahan dasarnya terbuat dari kuning telor dan gula yang dikocok secara bersamaan hingga mengembang, lalu ditambahkan dengan air teh yang bewarna pekat. Pada festival ini juga digelar Parade Kocok Teh Talua yang pasti unik dan seru untuk disaksikan.

"Ancol Kampoeng Minangkabau Festival 2018 juga merupakan salah satu konten dari tema yang sudah diusung Ancol dari awal tahun yaitu Pesona Indonesiaku," kata dia.

Sebelumnya telah diselenggarakan Ancol Ogoh-Ogoh Festival yang berasal dari kebudayaan Bali. Selanjutnya akan digelar pula festival lainnya seperti festival kebudayaan Betawi, festival kuliner Nusantara dan juga Asian Festival dalam rangka menyambut HUT Jakarta dan perhelatan Asian Games 2018. Acara ini juga akan dimeriahkan oleh penampilan dari Kintani (Penyanyi dari Padang), Youtuber Minang (YTM), dan Dayukoto (Rapper Minang).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement