Senin 16 Apr 2018 09:57 WIB

Milos Forman, Sutradara Peraih Oscar Meninggal Dunia

Pria asal Ceko tersebut meraih dua Piala Oscar.

Rep: Christiyaningsih/ Red: Winda Destiana Putri
Milos Forman
Foto: Variety
Milos Forman

REPUBLIKA.CO.ID, CONNECTICUT -- Kabar duka datang dari ranah perfilman Hollywood. Milos Forman, sutradara peraih dua piala Oscar, meninggal dunia pada usia 86 tahun. Newsmax melaporkan ia meninggal pada Sabtu (14/4) di Danbury Hospital tak jauh dari rumahnya di Warren, Connecticut.

Berdasarkan keterangan yang diberikan mantan agen Forman, Dennis Asplan, sang sutradara menghembuskan nafas terakhir pukul 02.00 waktu setempat. Selama kariernya, pria asal Ceko tersebut meraih dua Piala Oscar lewat film One Flew Over the Cuckoo's Nest dan Amadeus.

Ketika menginjakkan kaki di Hollywood pada tahun 1960-an, Forman tidak menguasai bahasa Inggris dan tidak memiliki uang. Namun, ia mengadu nasib di Negeri Paman Sam dengan berbekal portofolionya sebagai sutradara di Ceko. Beberapa karyanya antara lain Black Peter, Loves of a Blonde, dan The Fireman's Ball.

Forman adalah seorang yatim piatu yang orang tuanya terbunuh dalam tragedi Holocaust. Setelah invasi pasukan komunis pada 1968, ia tak pernah pulang ke kampung halamannya. Di AS, portofolionya sebagai seorang sineas memuluskan jalan untuk masuk ke studio Hollywood. Sayangnya, usulan proyek filmnya langsung mendapat penolakan.

Setelah film pertamanya yang dibuat di AS pada 1969 berjudul Taking Off, ia tak lagi mendapat tawaran menangani proyek-proyek besar lima tahun lamanya. Pada masa paceklik itu, ia sempat memproduksi film dokumenter berjudul Visions of Eight tentang Olimpiade 1972.

Aktor Michael Douglas memberi kesempatan kedua kepada Forman untuk menyutradarai film One Flew Over The Cuckoo's Nest. Di proyek tersebut, Michael Douglas duduk sebagai co-produser. Lewat film ini, Forman berhasil menyabet Piala Oscar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement