Ahad 01 Apr 2018 18:34 WIB

Seberapa Sering Membersihkan Barang-Barang di Rumah?

Barang-barang di rumah harus dibersihkan agar tetap bersih.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Dwi Murdaningsih
Kamar tidur yang nyaman
Foto: Boldsky
Kamar tidur yang nyaman

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seberapa sering seharusnya kita membersihkan barang-barang yang ada di kamar tidur, dapur, hingga toilet? Berikut saran waktu ideal dari laman Ideal Home yang bisa menjadi panduan saat Anda berbenah di rumah.

Perlengkapan tidur

Sekali sepekan, ganti dan cuci semua perlengkapan tidur seperti seprai, selimut, serta sarung bantal dan guling. Menjemur kasur setiap dua pekan juga cara bijaksana untuk mencegah pertumbuhan tungau dan bakteri.

Lampu meja

Lampu meja perlu dibersihkan dari debu dua kali sepekan agar selalu terlihat cantik. Kemudian, tiap tiga bulan sekali cucilah kap lampu dengan air hangat hanya jika bahannya memungkinkan.

Laptop

Jangan dikira laptop dan keyboard tidak perlu perawatan kebersihan. Idealnya, perangkat elektronik ini harus dibersihkan sekali sepekan dengan menyemprotkan udara terkompresi dalam kaleng.

Mesin cuci

Tidak hanya digunakan untuk mencuci bersih semua pakaian, mesin cuci juga perlu dicuci. Bersihkan mesin cuci sebulan sekali dengan membiarkan larutan deterjen ditambah cuka putih berputar di dalam tabungnya.

Oven

Oven perlu dibersihkan menyeluruh enam bulan sekali agar pemakaiannnya awet. Gunakan semprotan atau krim pembersih khusus, tapi jangan paksakan mengambil kotoran yang mengeras karena akan merusak lapisannya.

Kulkas

Sama seperti oven, kulkas pun sebaiknya dibersihkan setiap enam bulan sekali. Caranya, gunakan kain lembut yang dicelup dalam air sabun untuk mengelap rak-raknya dan bilas dengan kain bersih lain.

Kloset

Kloset wajib dibersihkan dan disikat sekali sepekan, mengelap dudukannya dengan kain bersabun atau lap bersih setiap hari juga dianjurkan. Selain itu, sikat toilet juga perlu dicuci dengan cairan pemutih sebulan sekali dan diganti setiap enam bulan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement