Jumat 30 Mar 2018 05:29 WIB

6 Cara Menghindari Mual Saat Travelling Naik KA

Kurangi membaca buku dan melihat ponsel efektif mencegah mual naik KA.

Seorang pramugari menunjukan aplikasi untuk memesan tiket kereta api online di dalam gerbong kereta Jayabaya tujuan Malang di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Ahad (19/3).
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Seorang pramugari menunjukan aplikasi untuk memesan tiket kereta api online di dalam gerbong kereta Jayabaya tujuan Malang di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Ahad (19/3).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA  --  Tidak sedikit orang yang malas bepergian ke luar kota karena tak tahan dengan mabuk perjalanan. Perasaan mual dan muntah ketika naik kendaraan memang membuat perjalanan jadi kurang nyaman.

Bahkan ketika naik kereta api (KA) yang super nyaman sekalipun. Sebenarnya, ada banyak cara untuk mengurangi mabuk selama perjalanan dengan kereta api. Mual, pusing, muntah dan perasaan tak nyaman bakal hilang dengan beberapa tips berikut ini:

1. Berpikir positif

Di antara semua hal yang membuat kamu mabuk di perjalanan adalah negative thinking. Buat masalah ini, negatifnya adalah belum berangkat sudah pede bakal mual di jalan. Alam bawah sadar inilah yang kemudian membuat perasaan jadi kurang nyaman dan akhirnya benar-benar terjadi.

Hindari hal ini dengan berpikir positif sebelum membeli tiket kereta api dan berangkat ke kota tujuan. Yakinkan diri bahwa perjalannnya bakal nyaman dan baik-baik saja. Dengan hati yang gembira, mual dan mabuk perjalanan bisa dihindari

2. Makan yang cukup

Jangan berangkat dalam keadaan lapar dan juga jangan mengisi perut dengan terlalu banyak makanan. Secukupnya saja agar tidak mengalami masuk angin di perjalanan.

Perut yang kurang isi atau kelebihan isi akan memperbesar kemungkinan mengalami mual dan muntah di perjalanan. Jadi, sebaiknya isi secukupnya dan jangan lupa membawa cemilan untuk teman di perjalanan.

3. Rileks mendengarkan musik

Mendengarkan musik yang disukai selama perjalanan akan membuat pikiran jadi lebih rileks. Kondisi badan yang santai inilah yang diperlukan oleh tubuh agar tidak merasa mual dan mabuk di perjalanan. Pilih lagu-lagu kesukaan sebelum berangkat, dan dengarkan selama di perjalanan.

4. Kurangi membaca buku dan melihat ponsel

Membaca buku dan ponsel selama di perjalanan membuat mata dipaksa untuk fokus ke satu titik. Biasanya hal ini akan membuat kepala pusing, yang juga dialami oleh mereka yang suka naik KA sekalipun.

Khusus ponsel, sinar radiasi dan guncangan selama perjalanan akan membuat mata bekerja dengan lebih berat. Karena itu sebaiknya hindari terlalu banyak melihat ponsel, dan sebisa mungkin jangan membuka game dengan grafik layar yang terlalu tinggi karena akan memperparah rasa pusing di kepala.

5. Tidur nyaman

Cara paling mudah untuk menghindari rasa mual di perjalanan adalah dengan tidur yang nyaman. Posisi tidur yang tidak nyaman tetap berpotensi untuk membuat kepala pusing. Karena itulah, sebaiknya bawa bantal leher untuk menyangga kepala saat tidur, sehingga mengurangi kemungkinan kepala pusing dan otot leher sakit.

Setelah melakukan pemeriksaan tiket KA, siapkan peralatan tidurmu dan simpan barang berharga. Tidur di perjalanan juga akan membuat energimu cukup untuk jalan-jalan di kota tujuan nanti. Jadi dapat dua manfaat bukan?

6. Nikmati perjalanan

Naik kereta, artinya kamu bebas dari kemacetan dan pemandangan alamnya indah. Sawah-sawah yang menghampar, hutan hijau dan juga pegunungan cantik menjadi pemandangan selama perjalanan dan bisa kamu temukan di kota manapun.

Nikmatilah perjalanannya dengan mengobrol atau mencari informasi tentang hal-hal menarik di kota yang kamu singgahi. Jangan segan pula untuk jalan-jalan dari gerbong ke gerbong untuk melakukan peregangan agar otot tidak tegang.

Nah, sudah tidak takut mual di perjalanan lagi kan? Beli tiket kereta api kamu sekarang juga dan selamat menikmati momen bersama si ular besi ini.

Baca juga: http://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/18/03/30/p6e4on383-calon-penumpang-kereta-api-nikmati-durian-gratis

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement