Kamis 29 Mar 2018 18:20 WIB

Daftar Lengkap Penerima Forbes 30 Under 30 dari Indonesia

Desainer Muslim Dian Pelangi masuk kategori Arts.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Indira Rezkisari
Dian Pelangi
Foto: Antara
Dian Pelangi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Forbes mengumumkan daftar tahunan 30 Under 30 Asia ketiga, yang menampilkan 300 orang muda, inovator, dan pengusaha di seluruh Asia, semua di bawah usia 30. Beberapa penerimanya adalah anak-anak muda yang berasal dari Indonesia.

Adapun Forbes 30 Under 30 Asia Class of 2018 termasuk 30 penerima dalam 10 kategori. Kategori-kategori tersebut adalah The Arts (Art & Style, Food & Drink), Entertainment & Sports, Finance & Venture Capital, Media, Marketing & Advertising, Retail & Ecommerce, Enterprise Technology, Industry, Manufacturing & Energy, Healthcare & Science, Social Entrepreneurs, dan Consumer Technology.

Di seluruh wilayah, India memiliki jumlah tertinggi dengan 65 penerima pada daftar tahun ini, diikuti oleh Cina dengan 59 penerima, dan Australia dengan 35 penerima. Penerima 30 Under 30 Asia tahun ini merupakan pertama kali mendapat penghargaan dari Korea Utara, Fiji, Azerbaijan dan Tajikistan.

Lebih dari 2.000 pengajuan diterima, tetapi hanya 300 penerima terpilih. Kriteria untuk para penerima yang membuat daftar termasuk kepemimpinan dan disrupsi di bidangnya, pola pikir dan hasil kewirausahaan, dan kemungkinan mengubah bidang mereka selama setengah abad berikutnya.

Berikut beberapa daftar penerima 30 Under 30 Asia yang berasal dari Indonesia:

The Arts

Dian Pelangi, Creative Director

Dian Pelangi membawa modernitas ke pasar mode. Desainer dan influencer Indonesia ini tidak takut pada cetakan dan warna, dan memiliki hampir 5 juta pengikut media sosial. Orang tua Dian Pelangi mendirikan merek eponimnya pada tahun ia dilahirkan, tetapi sekarang ia memimpin. Pada usia 18, Dian Pelangi menunjukkan koleksi pertamanya di Jakarta Fashion Week, kemudian diikuti pameran mode lainnya di seluruh dunia.

The Arts

Cofounder Puyo, Adrian dan Eugenie Patricia

Kakak-beradik Adrian Agus dan Eugenie Patricia Agus mendirikan Puyo Desserts pada 2013, sebagian terinspirasi oleh film Thailand yang berjudul The Billionaire. Sementara film itu memulai perusahaan makanan ringan rumput laut, Adrian dan Patricia malah mengkhususkan diri dalam puding. Makanan penutup yang umum di Indonesia dan Asia Tenggara. Pasangan ini membedakan puding mereka dengan tekstur halus dan rasa unik seperti permen kapas dan teh hijau.

The Arts

Chef BEAU, Talita Setyadi

Setelah belajar di Paris, pastry chef Talita Setyadi kembali ke Indonesia pada 2013 untuk membuka toko roti pertamanya, BEAU. Toko rotinya menyediakan barang yang semua dibuat dengan bahan-bahan lokal dan alami hingga sekitar seratus kafe, restoran, dan hotel di Jakarta.

Finance & Venture Capital

Cofounder Modalku, Iwan Kurniawan dan Reynold Wijaya

Modalku yang berbasis di Indonesia, disebut Funding Societies dalam operasi saudaranya di Singapura dan Malaysia, adalah platform pinjaman digital peer-to-peer yang menghubungkan usaha kecil dan menengah yang kekurangan uang dengan pemberi pinjaman. Diluncurkan pada 2015, diresmikan oleh tim tiga orang, termasuk CEO Reynold Wijaya dan COO Iwan Kurniawan.

Finance & Venture Capital

Cofounder PayAccess, Rorian Pratyaksa

Rorian Pratyaksa bertekad untuk memperkenalkan orang-orang yang tidak menggunakan bank di Indonesia ke dunia pembayaran seluler sehingga ia mendirikan PayAccess, sebuah startup pembayaran ponsel berlisensi. Platformnya menyediakan transaksi melalui ponsel cerdas untuk pembayaran online ke offline serta pembayaran digital dalam aplikasi.

Retail & Ecommerce

Cofounder Fabelio, Marshall Utoyo dan Krishnan Menon

Marshall Utoyo dan Krishnan Menon mengumpulkan pengetahuan mereka tentang niaga elektronik Indonesia dan desain furnitur untuk mendirikan Fabelio, sebuah toko furnitur online dan offline yang berbasis di Indonesia pada 2015. Dengan bekerja sama dengan lebih dari 2.000 pengrajin lokal dan pabrik, tujuan mereka adalah menciptakan desain dan produk berkualitas untuk harga yang wajar.

Retail & Ecommerce

Founder Prelo, Prelo Fransiska Hadiwidjana

Insinyur dan pengusaha Fransiska Hadiwidjana adalah pendiri dan CEO Prelo, pasar e-commerce seluler berbasis di Indonesia yang berfokus pada penggunaan teknologi ramah lingkungan dan pemberdayaan masyarakat. Platform ini memungkinkan pengguna menjual atau menyewakan barang bekas mereka.

Retail & Ecommerce

Cofounder Sale Stock, Stanislaus Mahesworo Christandito Tandelilin

Stanislaus Tandelilin adalah salah satu dari lima pendiri Salestock.com. Aplikasi dan platform online yang ditujukan untuk akses seluler yang mudah, dengan tujuan membuat pakaian layak untuk kelas pekerja. Bekerja untuk menjaga harga produk tetap rendah, Salestock.com menggunakan kecerdasan buatan untuk mengelola proses pengadaan dan rantai pasok dan menawarkan cash-on-delivery pada pengiriman ke lebih dari 7.000 lokasi.

Social Entrepreneurs

Cofounder Crowde, Yohanes Sugihtononugroho dan Muhammad Risyad Ganis

Yohanes Sugihtononugroho dan Muhammad Risyad Ganis mendirikan Crowde pada 2016 dengan tujuan menangani masalah-masalah yang dihadapi oleh petani kecil di Indonesia dalam mendapatkan akses ke modal untuk menumbuhkan pertanian mereka. Platform investasinya memberi petani alternatif untuk menemukan dana selain dari bank dan lintah darat. Setelah panen, para investor menerima bagian dari keuntungan.

Entertainment & Sports

Brian Imanuel

Brian Imanuel, pria berusia 18 tahun dari Jakarta, yang paling dikenal saat ini sebagai Rich Brian, adalah seorang social media darling untuk sebagian besar masa remajanya, menguasai platform seperti Twitter dan Youtube untuk mengumpulkan pengikut online yang besar. Dimulai dengan sandiwara komedi, ia akhirnya bertransisi menjadi rap dan merilis single perdana virus "Dat $tick" pada Februari 2016. Video ini saat ini memiliki 87 juta penayangan di Youtube. Hal ini melambungkannya ke dunia musik Amerika, dan membuat dia berkolaborasi dengan Diplo dan Pharrell, melakukan tur hingga terjual habis.

Media, Marketing & Advertising

Cofounder Karta, Jeff Hendrata dan Andrew Tanner Setiawan

Jeff Hendrata dan Andrew Tanner Setiawan adalah pendiri Karta, sebuah perusahaan yang menyediakan layanan iklan khusus untuk sepeda motor. Karta telah bekerja dengan klien seperti Unilever, P&G, Astra Telkomsel, dan tersedia di lebih dari 20 kota di Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement