Kamis 29 Mar 2018 13:45 WIB

Manfaat Madu yang Wajib Diketahui

Madu merupakan antiseptik tertua sepanjang sejarah.

Rep: Nora Azizah/ Red: Indira Rezkisari
Madu dan nektarnya.
Foto: Max Pixel
Madu dan nektarnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masih ingat dengan tokoh kartun Winnie The Pooh si pemakan madu? Madu tergolong raw food dengan segudang manfaat. Tak heran bila Winnie suka memakannya. Berdasarkan informasi Fox News, madu merupakan obat yang baik bagi kesehatan tubuh.

Alergi 'musiman' memang mengganggu segelintir orang. Namun jangan khawatir karena madu bisa bekerja seperti imunisasi bagi tubuh. Dalam sebuah studi, mengonsumsi madu birch pollen yang terbuat dari serbuk sari dapat membantu mengurangi gejala alergi.

Madu juga memiliki Neosporin alami berkat sifat antimikrobanya. Madu menjadi alternatif untuk proses penyembuhan luka dan abrasi. Ternyata, madu merupakan antiseptik tertua sepanjang sejarah. Beberapa madu bahkan dibuat bisa dimasukkan ke dalam infus. Untuk luka cukup mengolesnya sedikit saja.

Baca juga: Benarkah Susu Bisa Membuat Tinggi?

Manfaat madu juga dipakai dalam produk kecantikan. Bila memiliki siku atau lutut yang kering, pijat dengan sedikit madu secara perlahan. Diamkan madu 30 menit sebelum membilasnya. Madu juga menjadi obat untuk luka bakar ringan. Tidak hanya mengobati secara alami, madu juga mampu menenangkan luka.

Rasa mual dan mabuk juga bisa diobati dengan madu. Tambahkan sedikit madu ke dalam teh atau kopi saat sarapan pagi. Terakhir, madu bisa menjadi cadangan sumber energi bagi tubuh. Madu mampu mempertahankan glikogen otot atau karbohidrat yang disimpan. Maka tak heran bila para atlet sering mengonsumsi madu bila membutuhkannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement