Selasa 20 Mar 2018 12:32 WIB

Kesehatan Kini Jadi Simbol dan Status Kemewahan

Gaya hidup berjalan dinamis, berkembang, dipengaruhi oleh berbagai faktor eksternal.

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Winda Destiana Putri
Perempuan Meditasi (Ilustrasi)
Foto: Google
Perempuan Meditasi (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pergeseran parameter mewah dan selera sudah berubah. Apa yang dulu dikatakan mewah, bisa jadi saat ini sudah dianggap biasa bagi banyak orang. Ini berarti gaya hidup berjalan dinamis, berkembang, dipengaruhi oleh berbagai faktor eksternal.

Kesehatan dan kebugaran adalah dua hal  yang dianggap barang mewah saat ini. Padahal, beberapa dasawarsa lalu, kesehatan dianggap biasa saja. Namun, sekarang, orang yang tidak mengonsumsi suplemen, vitamin, dan sejenisnya, hanya mengonsumsi sayur mayur saja pasti dinilai ketinggalan zaman.

Toko obat, apotek, dan sejenisnya kini berlomba-lomba menjual aneka barang-barang kesehatan, seperti minyak ikan cod, multivitamin, puritanisme, sandal kesehatan, dan lainnya. Blogger, influencer, selebgram, dan seleb Facebook yang mengkhususkan akunnya untuk berbagi info dan tips kesehatan kini semakin populer dan banyak pengikutnya.

Estetika kesehatan didominasi makanan lezat nan higienis, disajikan dengan bahasa-bahasa berbobot dan visual mewah. Semua hal tersebut tak lepas dari fakta bahwa kesehatan menjadi simbol kekayaan baru bagi manusia.

Banyak orang kini memilih pergi berlibur dengan konsep petualangan ketimbang tinggal di hotel sangat mahal. Orang-orang kini lebih suka menghabiskan uangnya untuk perjalanan menantang, seperti mendaki gunung, mengikuti berbagai event marathon, lari, atau berwisata alam.

Orang-orang zaman now juga berinvestasi untuk kesehatannya. Mereka mengalokasikan dana khusus untuk konsultasi ke dokter kecantikan, perawatan untuk mempertahankan bentuk ideal tubuh, kulit tetap bercahaya, ahli gizi pribadi pun menjadi simbol status seseorang.

Dilansir dari Just Luxe, sebanyak 85 persen orang kaya zaman sekarang percaya bahwa kesehatan memengaruhi pencapaian kerja mereka. Sedikit sakit berarti seseorang berpandangan positif dan memiliki energi lebih untuk bekerja. Mereka juga menyadari manfaat meditasi yang kontributif bagi pencapaian di tempat kerja.

Orang-orang lebih memilih membeli sebungkus kecil tepung almond yang harganya mungkin setara dengan beberapa kilogram tepung terigu biasa. Ini demi diet dan gaya hidup sehat.

Mewah kini tak lagi dilambangkan dengan supercar atau perhiasan emas belaka. Mewah adalah kemampuan memerhatikan kesehatan secara serius.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement