Kamis 15 Mar 2018 19:32 WIB

10 Makanan Paling Adiktif untuk Manusia

Piza menempati urutan paling pertama dalam daftar.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Indira Rezkisari
Sepotong pizza memang menggiurkan, namun waspadai kalori tinggi yang menyertainya.
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Sepotong pizza memang menggiurkan, namun waspadai kalori tinggi yang menyertainya.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Ada makanan tertentu yang membuat manusia ketagihan atau bersifat adiktif daripada makanan lainnya. Tidak mengherankan apabila makanan itu hampir semuanya mengandung lemak atau gula.

Makanan yang membuat ketagihan ini juga bisa mengandung lemak dan gula. Periset dari Colorado State University melakukan penelitian yang menghasilkan bukti awal makanan olahan lebih cenderung adiktif.

Makanan itu dikonsumsi dalam jumlah banyak dan diserap dengan cepat. Hal itu membuat orang sering mengklaim bahwa mereka kecanduan makanan.

Seperti yang dikutip dari Independent, Kamis (15/3), ada 10 makanan paling adiktif. Yakni (1) piza, (2) cokelat, (3) crisps, (4) biskuit, (5) es krim, (6) keripik, (7) burger keju, (8) minuman fizzy (non diet), (9) kue, dan (10) keju.

Keju yang menempati urutan ke-10 merupakan satu-satunya makanan non-olahan yang masuk dalam daftar, kemudian diikuti dengan bacon. Makanan yang sudah disebutkan merupakan makanan tinggi lemak dan cepat menaikkan gula darah.

Dr Nicole Avena, salah satu rekan penulis studi dan asisten profesor terapi farmakologi dan sistem, mengatakan hal ini adalah langkah pertama untuk mengidentifikasi makanan tertentu dan sifat makanan, yang dapat memicu respons adiktif ini. Selain itu dapat membantu mengubah cara bagaimana mendekati penyembuhan obesitas.

"Ini bukan masalah sederhana untuk 'mengurangi' makanan tertentu. Namun, metode ini biasanya digunakan untuk pengguna rokok, minuman alkohol, dan narkoba," kata Avena.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement