Ahad 04 Mar 2018 13:07 WIB

Harga Piala Oscar Ternyata Sangat Murah, Ini Alasannya

Piala Oscar berbahan perunggu dengan lapisan emas 24 karat.

Rep: Christiyaningsih/ Red: Ani Nursalikah
Piala Oscar
Foto: AP
Piala Oscar

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Malam penghargaan Oscar 2018 akan digelar di Dolby Theatre tak lama lagi yakni pada Ahad (4/3) waktu setempat atau Senin (5/3) waktu Indonesia. Nama-nama nominator seperti Margot Robbie, Saoirse Ronan, dan Timothe Chalamet tengah menanti apakah dirinya berhasil membawa pulang piala Oscar pertamanya.

Di balik mewah dan meriahnya penghargaan yang juga dikenal dengan nama Academy Award ini, ternyata harga satu buah piala Oscar bisa dibilang sangat murah. Dilansir di Elle, piala berbahan perunggu tersebut memang dilapisi emas 24 karat. Namun harganya tak semahal yang dibayangkan orang.

Piala buatan Polich Tallix Fine Art Foundry yang berbasis di New York itu memakan biaya seharga 400 dolar AS. Namun untuk perhelatan Oscar harganya didiskon menjadi hanya 10 dolar AS per piala.

Lalu mengapa piala untuk penghargaan bergengsi dibuat dengan sangat murah? menurut laporan Time, harga murah sengaja dipilih untuk mencegah para pemenang atau keluarganya menjual piala tersebut. Dengan demikian, nilai-nilai artistik dan integritas Academy Award dapat tetap terjaga.

"Piala-piala itu tidak seharusnya menjadi barang komersil yang bisa diperjualbelikan di pasaran," kata John B Quinn selaku konsulat Academy dalam sebuah wawancara dengan Los Angeles Times dua tahun silam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement