Senin 26 Feb 2018 14:53 WIB

Animator Woody Toy Story Meninggal di Usia 83

Bud Luckey juga mengisi suara di The Incredibles dan Winnie the Pooh.

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Yudha Manggala P Putra
Bud Luckey (kanan) animator pencipta karakter koboi Woody.
Foto: Movie Webb
Bud Luckey (kanan) animator pencipta karakter koboi Woody.

REPUBLIKA.CO.ID,  LOS ANGELES -- Animator yang pernah menjadi nominasi Oscar, Bud Luckey meninggal dunia pada usia 83 tahun. Luckey dikenal atas karyanya dalam desain koboi untuk Woody dalam film Toy Story.

Berita kematian Luckey dikonfirmasi oleh anaknya Andy Luckey. Luckey meninggal setelah berjuang melawan penyakitnya di Newton, Connecticut, Amerika Serikat pada Sabtu (24/2).

Selain menjadi animator, Luckey turut menyumbangkan suaranya sebagai Rick Dicker di film The Incredibles (2004), Chusckles the Clown pada Toy Story 3 (2010) dan Wwyore di film Winnie the Pooh (2011).

"Bud Luckey adalah salah satu pahlawan animasi tanpa tanda jasa yang sesungguhnya. Bud membantu merancang sebagian besar film yang kami buat sejak Toy Story (1995)," kata kepala animasi Pixar dan Disney, John Lasseter seperti dilansir pada laman Billboard.

Lasseter mengagumi Luckey atas rancangannya membuat Woody. Sang animator merancang 200 desain sampai dia muncul dengan tampilan koboi yang menjadi ikon. "Saya pikir seorang koboi akan lebih menarik bekerja dengan astronot," lanjutnya.

Bud Luckey atau William Luckey lahir pada 28 Juli 1934 di Billings, Montana, Amerika Serikat. Minat awal menggambar datang dari jalanan. Dia pensiun dari animasi pada 2008 namun tetap memberikan suaranya sebagai pengisi suara hingga 2014.

Anaknya, Andy Luckey turut mengikuti jejak ayahnya. Andy merupakan inspirasi untuk karakter laki-laki di film Toy Story. Dia memproduksi serial animasi Teenage Mutant Ninja Turtles pada 1990. "Ayah mencintai pekerjaannya tapi mendapat kepuasan lebih besar lagi karena melihat orang lain menikmatinya," tulisnya di Facebook.

Dibanding memberikan bunga, keluarga meminta sumbangan atas kematian diberikan pada Institut Seni Kalifornia untuk donasi dana beasiswa Bud Luckey.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement