Senin 19 Feb 2018 17:13 WIB

Film Three Billboards Sabet Lima Penghargaan

Dari naskah, artis, hingga film terbaik.

Film Three Billboards Outside Ebbing, Missouri
Film Three Billboards Outside Ebbing, Missouri

REPUBLIKA.CO.ID,  LONDON -- Film komedi gelap Three Billboards Outside Ebbing, Missouri menjadi pemenang terbesar dalam acara Penghargaan Film BAFTA di London pada Ahad (19/2).  Film ini sukses menyabet lima penghargaan.

Penghargaan itu di antaranya film terbaik, aktris terbaik untuk pemain utama Frances McDormand, dan aktor pendukung Sam Rockwell. Penulis sekaligus sutradara Martin McDonagh juga mendapat penghargaan untuk naskah asli.

Film berlatar belakang tempat di Amerika Serikat tersebut juga mendapatkan penghargaan film Inggris terbaik, yang memenuhi syarat berdasarkan atas tim kreatifnya dan perusahaan dalam pembuatannya, banyak di antaranya adalah warga negara Inggris.

Sementara itu sutradara Meksiko Guillermo del Toro menerima penghargaan untuk film fantasinya The Shape of Water. Lalu ada Gary Oldman yang meraih penghargaan akting laki-laki terbaik untuk perannya sebagai Winston Churchill dalam Darkest Hour, dan Allison Janney mendapat penghargaan dalam kategori peran pendukung I, Tonya.

Film animasi Pixar Coco menang sebagai film animasi terbaik, sementara Dunkirk yang digarap Christopher Nolan memenangkan tata suara terbaik. Baby Driver yang digarap Edgar Wright memenangkan kategori penyuntingan dan Daniel Kaluuya, bintang Inggris Get Out menerima penghargaan sebagai pendatang baru yang bersinar.

Gerakan "Time's Up" melawan perilaku seksual adalah tema yang berulang kali digaungkan sepanjang malam tersebut. Banyak peserta perempuan mengenakan pakaian hitam sebagai bentuk protes. Dalam pidato penerimaan penghargaannya, McDonagh mengungkapkan harapan bahwa protes semacam itu akan membawa perubahan.

"Film kami sangat penuh harapan, tapi juga penuh kemarahan, dan seperti yang kami lihat tahun ini, terkadang kemarahan adalah satu-satunya cara agar orang bisa mendengarkan dan berubah, jadi kami senang karena Bafta telah mengakui hal ini," katanya.

Selain itu, banyak yang menghadiri acara tersebut dengan memakai lencana yang merujuk tentang kampanye melawan pelecehan seksual, sementara para penerima penghargaan dan para pembawa acara, termasuk Sam Rockwell dan aktris Inggris Lily James menyatakan dukungannya terhadap gerakan tersebut.

Salah satu yang menarik dari ajang ini adalah kemenangan sinematografer Roger Deakins, yang menang untuk karyanya "Blade Runner 2049." Deakins juga dinominasikan di Academy Awards yang akan berlangsung bulan depan, untuk karyanya dalam film tersebut.

Dia dicalonkan 13 kali untuk Oscar sebelum pencalonan tahun ini, namun belum pernah menang sebelumnya, memberinya lebih banyak pencalonan tidak berhasil ketimbang sinematografer lain sepanjang sejarah Oscar.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement