Senin 19 Feb 2018 12:11 WIB

Album Black Panther Sukses di Billboard 200

Ada 14 lagu dalam album Black Panther itu.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Indira Rezkisari
Film Black Panther
Foto: Marvel-Disney via AP
Film Black Panther

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Black Panther tidak hanya berjaya di bioskop-bioskop dunia. Musik pengiring film tersebut pun menarik banyak minat pendengar dengan menempatkan Black Panther: The Album di urutan pertama di tangga lagu Billboard 200.

Laporan Nielsen Music menyatakan, Black Panther: The Album berhasil menjual 154 ribu unit album hingga penghitungan 15 Februari. Dari jumlah tersebut, 52 ribu berada dalam penjualan album tradisional.

Album yang menampilkan musik dari film MarvelStudios mengumpulkan pekan terbesar untuk sebuah soundtrack dalam satu setengah tahun. Soundtrack terakhir yang mencetak minggu yang lebih besar adalah Suicide Squad: The Album, yang berhasil menjual 182 unit ribu per 27 Agustus 2016. Black Panther: The Album ini dirilis pada 9 Februari oleh Top Dawg / Aftermath / InterscopeRecords.

Billboard 200 menampilkan album paling populer pekanini diAmerika Serikat berdasarkan konsumsi multi-metrik, yang mencakup penjualan album tradisional, track equivalent albums (TEEA) dan album setara streaming (SEA). Bagan tanggal 24 Februari yang baru, yang menempatkan Black Panther: The Album di nomor pertama akan diunggah secara lengkap di situs web Billboard pada 21 Februari.

Album Black Panther mencakup sejumlah lagu yang dibawakan Kendrick Lamar, sebagai hasil kurasi dan produksi album hip-hop-heavy dengan pendiri atau CEO Dawg Entertainment Anthony "TopDawg" Tiffith. Lagu-lagu yang juga masuk album tersebut berasal dari TheWeeknd, SZA, Khalid dan James Blake.

Black Panther: The Album adalah soundtrack kedua yang mencapai nomor pertama di Billboard 200 pada tahun 2018. Sebelumnya album soundtrack The Greatest Showman menghabiskan dua pekan di atas daftar tersebut.

Album untuk film arahan Ryan Coogler memuat 14 lagu, ada tiga lagu yang terdengar dalam film Black Panther. Menurut TopDawg dan Walt Disney Studios, ini adalah pertama kalinya dalam sejarah Marvel Cinematic Universe, Marvel Studios telah mengintegrasikan beberapa rekaman asli khusus untuk sebuah film, dikutip dari Billboard, Senin (19/2).

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement