Senin 12 Feb 2018 22:51 WIB

Maudy Ayunda: Cita-Cita Anak Sekarang Jadi Vlogger

Perubahan cita-cita disebabkan perkembangan teknologi

Maudy Ayunda
Foto: trinityproduction
Maudy Ayunda

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Aktris dan figur publik Maudy Ayunda berpandangan cita-cita anak-anak zaman sekarang telah mengalami berubah. Hal itu disebabkan perkembangan teknologi. Salah satu cita-cita anak zaman sekarang adalah menjadi "video blogger" atau vlogger.

"Cita-cita anak secara obyektif dulu itu ingin jadi dokter, guru, tapi sekarang melebar jadi YouTuber, influencer dan banyak lagi," kata Maudy di acara diskusi panel "Quipper Indonesia: Connecting the Dots; Melangkah Maju dengan Pendidikan dan Teknologi" di Jakarta, Senin (12/2).

Ia mengatakan tren cita-cita generasi muda itu sedikit banyak dipengaruhi oleh perkembangan teknologi terutama internet yang semakin mudah dijangkau siapa saja, bahkan dari perangkat telepon seluler cerdas (smartphone). "Ada pengaruh teknologi yang mengubah cara berpikir. Pola belajar berubah. Ekspektasi anak untuk belajar juga berubah. Pendidikan kini tidak hanya di ruang kelas lagi, tapi bisa lewat perangkat canggih," kata lulusan University of Oxford, Inggris itu.

Pemeran utama dalam film "Trinity, The Nekad Traveler" itu juga sepakat dengan pendapat sejumlah pengamat bahwa Indonesia juga mengalami perubahan dalam sistem pendidikan seiring dengan perkembangan teknologi, berikut internet.

Akan tetapi, kata dia, ada banyak kendala di Indonesia dalam memanfaatkan teknologi dan internet yaitu keterbatasan infrastruktur di daerah kepulauan. Hal itu harus terus diperhatikan oleh para pemangku kepentingan agar bisa memajukan pendidikan yang merata di Indonesia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement