Ahad 11 Feb 2018 10:08 WIB

Hari Hijab Sedunia, Muslimah Olahraga Bersama Hijup

Hijup mengajak muslimah berpartisipasi dalam Fun Run berjarak 5K.

Rep: Nora Azizah/ Red: Dwi Murdaningsih
 'Hijab Celebration Daya 2018'  di Bintaro Jaya Xchange Park, Jakarta Selatan, Ahad (11/2).
Foto: republika/nora azizah
'Hijab Celebration Daya 2018' di Bintaro Jaya Xchange Park, Jakarta Selatan, Ahad (11/2).

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA.- Ada banyak cara merayakan World Hijab Day atau Hari Hijab Sedunia. Tahun ini, e-commerce modest fashion muslim Hijup menyambut perayaan tersebut dengan menggelar olahraga bersama para muslimah di Jakarta. Acara bertema 'Hijab Celebration Daya 2018' tersebut berlangsung di Bintaro Jaya Xchange Park, Jakarta Selatan, Ahad (11/2).

Chief Executive Officer (CEO) Hijup Diaeng Listari mengatakan, antusiasme muslimah menyambut hari hijab sedunia tersebut cukup tinggi. Hijup mencoba mengajak muslimah berpartisipasi dalam Fun Run berjarak 5K, dan target peserta lebih dari 500 orang. Aktivitas olahraga juga dilanjutkan dengan Yoga bersama.
 
"Tumbuhnya tren busana muslim menjadi lambang kembangkitan identitas muslimah di dunia, perayaan hari hijab diharapkan bisa menciptakan dampak positif bagi banyak orang," ujar Diajeng.
 
Meski berhijab tidak menutup seorang muslimah beraktivitas, termasuk olahraga. Identitas hijab tidak lagi menjadi penghalang bagi muslimah dalam pekerjaan atau bersosialisasi.
 
World Hijab Day merupakan sebuah gerakan yang diciptakan oleh Nazma Khan, seorang muslimah asal New York, Amerika Serikat (AS). Gerakan tersebut lahir setelah tragedi 9/11 yang menimbulkan banyak diskriminasi terhadap muslimah berhijab di AS. Awalnya, Khan membuat gerakan bertujuan untuk meningkatkan solidaritas dan kekuatan muslimah pada saat itu. Tanpa disadari, World Hijab Day kini ramai dirayakan oleh muslimah di seluruh dunia setiap tahunnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement