Sabtu 10 Feb 2018 18:01 WIB

Kurangi Stres dengan Mengatur Ponsel

Berkurangnya durasi membuka ponsel akan menurunkan tingkat stres pengguna.

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Gita Amanda
Seorang perempuan tengah menggunakan ponsel. Ilustrasi
Foto: THe Washington Post
Seorang perempuan tengah menggunakan ponsel. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Rata-rata, orang melihat ponselnya 150 kali per hari. Jumlah tersebut dengan kegiatan yang sama, mengecek email, membuka Facebook, mengganti lagi, membuka Facebook lagi, menutup ponsel dan kembali mengecek ponsel.

Tentu kebiasaan tersebut dapat memancing stres. Maka dibutuhkan perubahan kecil di ponsel agar durasi membuka ponsel menurun yang tentunya akan membuat tingkat stres turut berkurang. Berikut tips mengatur ponsel agar tingkat stres berkurang seperti dilansir dari laman Wired.co.uk.

1. Bagi aplikasi per folder

Mencampur aplikasi di ponsel dapat membuat seseorang membuka aplikasi yang tidak dibutuhkan. Maka mulailah atur aplikasi berdasarkan kebutuhan. Baik ponsel dengan sistem operasi iOS maupun Android dapat memungkinkan penggunanya menggabungkan beberapa aplikasi dalam satu folder. Atur ponsel dengan membuat folder berdasarkan aplikasi, seperti folder media sosial, folder hiburan, folder pekerjaan dan folder lainnya.

2. Ganti tampilan layar jadi warna abu-abu

Mantan pejabat Google, Tristan Harris mengampanyekan metode ini. Dia mengklaim mengubah tampilan menjadi abu membuat orang tidak tertarik untuk melihat ponsel. Baik ponsel dengan sistem operasi iOS maupun Android dapat mengubah tampilan menjadi abu. Meski tidak ada penelitian mengenai tampilan layar abu dapat mengurangi penggunaan ponsel, tapi cara tersebut telah berhasil Tristan buktikan.

3. Atur ponsel jadi mode 'Do Not Disturb'

Fitur tersebut tentu ada di dua sistem operasi ponsel iOS dan Android. Meski ada panggilan masuk atau email atau pesan lain, tapi tidak ada notifikasi ponsel yang muncul. Paling tidak, cara ini dapat membantu seseorang untuk memiliki waktu tidur yang tidak terganggu oleh notifikasi ponsel yang masuk. Selain waktu tidur, tentu fitur ini berguna ketika rapat berlangsung atau ketika sedang bersama keluarga di meja makan.

4. Persiapkan waktu tidur

Cahaya ponsel terbukti secara ilmiah mengganggu mata. Untuk itu, pabrikan ponsel memberikan fitur Night Mode bagi penggunanya. Seperti pada iOS, Night Shift mengubah tampilan layar menjadi lebih nyaman untuk mata meski dalam keadaan gelap. Di samping itu, pada Android, fitur Night Mode dapat diaktifkan jika masih menggunakan ponsel di waktu tidur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement