Senin 29 Jan 2018 05:21 WIB

Festival Film Berlin Hadirkan Masakan dari Pengungsi Suriah

Tamu VIP festival akan disuguhkan masakan khas dari Damaskus dan Aleppo

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Hazliansyah
Festival Film Berlin
Foto: wikipedia.org
Festival Film Berlin

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN -- Untuk pertama kalinya, para tamu VIP Festival Film Internasionaldi Berlin disuguhkan masakan dari Damaskus dan Aleppo. Masakantersebut akan dibuat langsung oleh koki yang dulunya merupakanpengungsi Suriah, Malakeh Jazmati.

PemilihanJazmati sebagai koki yang akan meracik makanan pembuka festivaldianggap mencerminkan secara jelas misi acara yang telah digelarsejak 1995 itu. Pasalnya, festival ini menampilkan film -film yangmembahas berbagai isu sosial dan politik di dunia.

Festivalini mendedikasikan programnya untuk para pengungsi yang bermigrasi.Jutaan pengungsi dari Timur Tengah dan Afrika telah mengalami banyakpenghinaan yang disebabkan karena politik Eropa, termasuk Jazmati.

Padagelaran festival yang diadakan Februari mendatang ini, Jazmati akanmemasak untuk lebih dari 400 tamu undangan. Jazmati sendirimenjalankan bisnis katering di ibukota Jerman bersama suaminya.

Sayasangat senang ketika mengetahui terpilih menjadi koki untuk festivalini. Ini seperti mimpi, kata Jazmati dikutip The Malay MailOnline.

Jazmati akan bekerja di bawah pengelolaan koki Berlinale Martin Scharff danbekerja sama dengan koki dari Lebanon-Amerika Barbara Massaad. Menuyang dihadirkan akan mengangkat makanan dari terowongan boneka Alepposampai Damaskus salah satunya "pasta Suriah" yang dibumbuidengan saus asam dan delima.

"Selamaini orang-orang hanya mengetahui falafel dan hummus, tapi setelah inimereka akan tahu kami memiliki banyak jenis makanan," kataJazmati.

Festivalini akan dibuka pada 15 Februari dengan pemutaran perdana filmanimasi Wes Anderson, Isle of Dogs, yang menayangkan aktor Hollywoodseperti Bill Murray, Scarlett Johansson dan Tilda Swinton.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement