Jumat 26 Jan 2018 11:13 WIB

6 Sayuran yang Lebih Baik Dimasak Sebelum Dimakan

Sayuran tertentu bila dimasak justru mengandung lebih banyak gizi.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Indira Rezkisari
Wortel
Foto: pixabay
Wortel

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menurut sains, ada berbagai buah dan sayuran yang tidak boleh dikonsumsi mentah. Faktor utamanya adalah penyerapan unsur hara dalam tubuh.

Jika Anda pernah dilema dari mengonsumsi sayuran dan buah, seperti ingin makan tanpa dimasak atau tidak, berikut adalah daftar sayuran yang akan lebih baik dimasak terlebih dahulu. Dilansir dari laman Times of India, Jumat (26/1).

Tomat

Tomat mengandung lycopene dan antioksidan lainnya yang bisa melepaskan lebih baik saat dimasak. Ketika panas, tomat menghancurkan dinding sel dari sayuran atau buah yang dimasak dan ini membantu penyerapan lycopene lebih baik di tubuh.

Kentang

Kentang menjadi lebih enak jika dimakan dimasak. Ini karena memakan kentang mentah adalah sesuatu yang lidah kita tidak terbiasa, dan penelitian juga menunjukkan bahwa memasak sayuran seperti kentang meningkatkan kandungan beta karotennya.

Wortel

Memasak wortel akan menyebabkan pelepasan beta karoten pada kecepatan yang lebih tinggi. Beta-karoten mengubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Meskipun banyak yang memiliki kebiasaan makan wortel mentah di salad, sekarang saatnya untuk lebih baik menumisnya terlebih dahulu.

Kembang Kol

Sama seperti brokoli, makan kembang kol mentah tidak baik untuk pencernaan. Mengukus kembang kol adalah pilihan yang lebih baik untuk dilakukan jika Anda ingin mendapatkan manfaat dari nutrisinya.

Bayam

Memasak bayam berarti lebih banyak kalsium, zat besi, dan magnesium. Memasak bayam juga meningkatkan kandungan antioksidannya.

Brokoli

Meski ada banyak teori mengenai hal ini, brokoli sulit dicerna jika dimakan mentah. Oleh karena itu, mengukus atau menumis itu adalah pilihan yang baik jika Anda menginginkan nutrisi yang dikandung brokoli.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement