Kamis 25 Jan 2018 14:02 WIB

4 Tipe Wajah Ini Pengaruhi Kesan Pertama Jumpa

Keempat tipe itu, wajah bayi, wajah akrab, wajah segar, dan wajah dengan kemiripan.

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Winda Destiana Putri
Pertemanan pria (ilustrasi)
Foto: News
Pertemanan pria (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Orang bilang, jangan nilai buku dari sampulnya. Sayangnya ungkapan ini lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Tak heran jika jabat tangan ramah dan senyum percaya diri membuat kesan pertama yang baik.

Psikolog dari Brandeis University, Leslie Zebrowitz memaparkan hal berbeda. Dia menilai bukan bentuk mata, ukuran hidung, atau fisik wajah Anda yang terpenting. Orang lain sesungguhnya lebih menilai Anda berdasarkan empat fitur wajah, dilansir dari Reader's Digest.
 
Penelitian Zebrowitz baru-baru ini diterbitkan dalam Jurnal Current Direction di Psychological Science. Dia meneliti bagaimana kita membantuk kesan pertama di mata orang lain.
 
Zebrowitz menganalisis bagaimana otak bereaksi terhadap tipe wajah tertentu. Dia memaparkan empat fitur wajah tersebut, yaitu wajah bayi (baby face), wajah akrab (familiarity), wajah segar (fitness), dan wajah dengan kemiripan emosional (emotional resemblance).
 
Tipe wajah baby digambarkan dengan mata besar, dagu pendek, wajah bulat, dan dahi lebar. Zebrowitz mengatakan melihat orang dengan wajah baby face membuat kita ingin memperlakukan orang itu lebih baik, mengingat titik lemah evolusioner kita pada anak kecil.
 
Tipe wajah akrab dan segar membuat seseorang mudah disukai, dinilai cerdas, dan cakap. Terakhir, tipe wajah yang mirip dengan kita secara emosional membuat Anda bisa membangun kepercayaan satu sama lain secara alami.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement