Rabu 24 Jan 2018 13:21 WIB

Berbagai Kejutan Hadir di Pengumuman Nominasi Oscar 2018

Film yang dijagokan justru tidak masuk nominasi.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Indira Rezkisari
Piala Oscar.
Foto: AP
Piala Oscar.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Berbagai kejutan hadir dalam pemberian nominasi Piala Oscar 2018. Salah satunya adalah film Wonder Woman yang tidak masuk dalam nominasi Sutradara Terbaik dan Best Picture. Film yang diperankan oleh Gal Gadot ini merupakan salah satu film yang meraih box office tahun 2017 dan meraup keuntungan sebanyak Rp 10 triliun (825 juta dolar AS).

Film ini sendiri merupakan film dengan aktor utama wanita pertama sejak 2005 dan disutradarai oleh Patty Jenkins. Namun tampaknya keunggulan tersebut tidak membuat Academy berpikir film ini layak untuk mendapatkan piala Oscar.

Selain Jenkins yang tidak masuk dalam daftar penerima nominasi, film ini juga gagal masuk nominasi Best Picture meskipun menjadi film dengan tema wanita yang dibuat oleh wanita juga. Academy malah memilih perusahaan film kecil dibandingkan film action dan superhero, seperti yang dilansir dari ABC.

Kejutan lainnya datang dari Jordan Peele yang masuk dalam nominasi sutradara tahun ini. Filmnya yang menceritakan tentang seorang laki-laki keturunan Afrika-Amerika yang terjebak di rumah pacarnya yang memiliki keluarga yang aneh ini meraih berbagai macam nominasi Oscar.

Franco yang memenangkan Pemeran Utama Pria Terbaik dalam penghargaan Golden Globes tahun ini melalui filmya The Disaster Artist terpaksa meninggalkan daftar nominasi Oscar karena dituduh melakukan pelecehan seksual oleh mantan pacarnya. Dirinya awalnya juga dinominasikan untuk Screen Actors Guild namun dikalahkan oleh Gary Oldman dari Darkest Hour.

Aktor veteran Christopher Plummer dinominasikan sebagai Aktor Pria Pemeran Pendukung Terbaik setelah menggantikan Spacey di film All the Money in the World. Plummer sendiri diajak untuk bermain dalam film tersebut satu bulan sebelum film itu dirilis karena Spacey yang dituduh melakukan pelecehan seksual oleh beberapa laki-laki.

Kejutan lainnya datang dari film German In The Fade yang disutradarai oleh Faith Akin. Film tersebut memenangkan penghargaan dalam Golden Globe sebagai film luar terbaik di awal bulan ini dan mendapat pujian dengan kemampuan akting pemain utamanya, Diane Kruger. Namun film ini ternyata tidak masuk dalam nominasi Oscar.

Film Phantom Thread dinominasikan sebagai film dengan Best Picture. Hal ini memang sudah bisa diprediksikan namun untuk masuk sebagai nominasi gambar terbaik hal ini diluar ekspektasi. Film yang diperankan oleh Daniel Day-Lewis ini dideskripsikan oleh Los Angeles Times sebagai salah satu gambar terbaik sepanjang tahun.

Film ini baru saja dirilis secara nasional di Amerika akhir minggu kemarin dan tidak masuk dalam nominasi Golden Globe, Screen Actors Guild (SAG) Award, maupun British Academy of Film and Television Arts award (BAFTA). Film ini sendiri dalam Oscar 2018 masuk dalam enam nominasi termasuk Sutradara Terbaik, Aktor Terbaik, dan Aktor Wanita Pendukung Terbaik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement