Selasa 16 Jan 2018 14:55 WIB

Rencana Dolores Cranberries Rekam Ulang 'Zombie'

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Yudha Manggala P Putra
Vokalis Cranberries Dolores O'Riordan
Foto: EPA
Vokalis Cranberries Dolores O'Riordan

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Vokalis The Cranberries, Dolores O'Riordan, ditemukan meninggal dunia di kamar hotelnya di London Lane, Senin (15/1) waktu setempat. Padahal, beberapa jam setelah kejadian tersebut, penyanyi berusia 46 tahun itu telah dijadwalkan menjalani sesi rekaman bersama band asal Amerika Serikat, Bad Wolves, untuk merekam ulang salah satu lagu paling populer milik The Cranberries, "Zombie".

Sebagai lagu yang memprotes konflik bersenjata, lagu ini bercerita tentang kesedihan warga sipil saat menjadi korban konflik bersenjata. Lagu ini pun didekasikan kepada dua bocah yang meninggal akibat insiden pengeboman yang dilakukan IRA di Warrington pada 1993. Lagu ini ada di album kedua studio The Cranberries, No Need To Argue, yang dirilis pada 1994.

Selain "Linger", "Dreams", dan "Ode to My Family", "Zombie" merupakan salah satu lagu yang berhasil mengangkat pamor band asal Irlandia tersebut. Lagu yang diciptakan Dolores ini sempat menempati posisi pertama di tangga lagu di sejumlah negara, seperti Australia, Jerman, Denmark, Belgia, dan Prancis. Tidak hanya itu, lagu ini berhasil menyabet penghargaan sebagai lagu terbaik di gelaran MTV Music Award pada 1995.

Lagu "Zombie" ini pun sempat dibawakan kembali oleh Bad Wolves. Terkesan atas penampilan Bad Wolves dalam membawakan lagu itu, Dolores pun sempat berencana membuat versi baru dari lagu tersebut bersama Bad Wolves. Rencananya, Dolores akan melakukan sesi rekaman dengan Bad Wolves di London, Selasa (16/5) waktu setempat.

''Saat kami mendengar dia (Dolores) menyukai lagu "Zombie" versi kami dan ingin bernyanyi bersama kami di sesi rekaman. Itu adalah apresiasi yang begitu besar yang pernah bisa diterima untuk band ini, atau band manapun,'' tulis vokalis Bad Wolves, Tommy Vext, di laman facebook Bad Wolves, seperti dikutip Sky News, Selasa (16/1).

Tommy pun mengakui, lagu "Zombie" merupakan lagu yang begitu personal dan jujur. ''Meskipun kami band dengan genre hard rock, kami selalu merasa lagu tersebut begitu jujur dan personal. Dolores pun membawakan lagu tersebut dengan begitu baik dan jujur, baik saat di atas panggung ataupun versi rekaman. Ini yang harusnya menjadi inspirasi bagi band manapun, apapun genre musiknya,'' lanjut Tommy.

Salah satu produser musik dan kolega dari Dolores, Dan Waite, menyebut, Dolores sempat meninggalkan pesan kepada dirinya semalam sebelum akhirnya dia ditemukan meninggal dunia. Berada di London, Dolores sebenarnya memang tengah berada dalam proses rekaman, termasuk merekam versi baru lagu "Zombie" dengan Bad Wolves.

''Dolores sempat meninggalkan pesan suara kepada saya pada malam itu. Dia mengungkapkan kekagumannya terhadap lagu "Zombie" versi Bad Wolves, dan tidak sabar untuk bertemu dengan mereka dan ikut bagian dalam sesi rekaman tersebut,'' tuturnya.

Dan pun tidak pernah menduga kematian Dolores. Pasalnya, Dan menilai, Dolores adalah sosok yang selalu berpikiran positif. ''Dia terdengar selalu ingin berbuat sesatu di dalam hidupnya. Dia kerap bersenda gurau dan begitu senang saat bertemu dengan saya dan istri saya pada akhir pekan ini. Kabar kematiannya benar-benar mengguncang benak saya. Saya turut berduka untuk keluarga dan anak-anaknya,'' tutur Dan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement