Selasa 09 Jan 2018 10:37 WIB

Agar Jadi Seorang yang Percaya Diri (2-Habis)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Winda Destiana Putri
Melalui senyuman, kepercayaan diri seseorang bisa meningkat.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Melalui senyuman, kepercayaan diri seseorang bisa meningkat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Semua orang pernah merasa gugup atau krisis percaya diri dari waktu ke waktu. Ini biasanya sangat sulit diatasi, apalagi jika sudah lama dirasakan.

Rasa percaya diri sangat membantu dalam banyak hal, entah saat wawancara kerja atau menghadapi seseorang yang mungkin Anda hindari dalam waktu cukup lama. ROLers, baca terus tips untuk membangun kepercayaan diri yang mengubah hidup Anda lebih positif, dilansir dari Love Panky, Senin (8/1).
 
7. Berani mengambil risiko
Hidup tanpa risiko rasanya tidak mungkin. Anda perlu berani membuat sebuah keputusan yang layak dijalani. Ini secara langsung mendorong munculnya rasa percaya diri. Anda tak akan pernah tahu hasil dari keberanian jika terus merasa takut. Pergi lakukan pekerjaan yang Anda sukai, nyatakan rasa cinta pada orang yang Anda suka, pergi menyelam atau bungee jumping selama Anda ingin melakukannya.
 
8. Sabar
Jika Anda ingin belajar membangun rasa percaya diri, belajar lah untuk bersabar. Mulailah dengan bersikap baik pada diri sendiri. Anda tidak bisa langsung menghilangkan pikiran negatif atau menjadi sangat berani dalam waktu singkat. Semakin Anda rajin berlatih, semakin baik tingkat kepercayaan diri Anda.
 
9. Jangan membandingkan diri dengan orang lain
Manusia tidak ada yang sempurna. Semua orang pernah berbuat kesalahan. Cara Anda mengatasi kegagalan, bagaimana Anda menerima kekalahan, membuat Anda menjadi manusia lebih baik. Jika Anda terus menerus menyalahkan diri sendiri, Anda tak akan keluar dari zona nyaman. Jangan hanya fokus pada hal-hal negatif. Ubah apa yang bisa Anda ubah, dan kerjakan apa yang bisa Anda kerjakan.
 
10. Jaga diri
Jaga diri Anda dengan memperbaiki penampilan, tetap sehat, cukup tidur, perawatan jika perlu. Ini membantu menjaga pola pikir tetap positif dan terlihat lebih menarik.
 
11. Bersyukur
Luangkan waktu sejenak untuk bersyukur pada Tuhan Yang Maha Esa. Ini mengingatkan diri bahwa Tuhan menciptakan sisi baik dari setiap orang dan semuanya ada dalam perspetif tertentu. Ini membantu Anda memulai setiap hari dengan hati penuh suka cita dan dalam kerangka berpikir positif.
 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement