Selasa 09 Jan 2018 05:44 WIB

Agar Jadi Seorang yang Percaya Diri (1)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Winda Destiana Putri
Melalui senyuman, kepercayaan diri seseorang bisa meningkat.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Melalui senyuman, kepercayaan diri seseorang bisa meningkat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Semua orang pernah merasa gugup atau krisis percaya diri dari waktu ke waktu. Ini biasanya sangat sulit diatasi, apalagi jika sudah lama dirasakan.

Rasa percaya diri sangat membantu dalam banyak hal, entah saat wawancara kerja atau menghadapi seseorang yang mungkin Anda hindari dalam waktu cukup lama. ROLers, baca terus tips untuk membangun kepercayaan diri yang mengubah hidup Anda lebih positif, dilansir dari Love Panky, Senin (8/1).
 
1. Buang pikiran negatif
Akar permasalahan ketidakpercayaan diri adalah pikiran negatif. Jika Anda tipe seseorang yang selalu berpikir Anda tidak cukup baik melakukan sesuatu, jelas Anda perlu menyingkirkan rasa tersebut. Caranya? Ketika hati Anda mengatakan, "Saya tak bisa melakukannya," maka paksa diri Anda mengatakan, "Saya bisa melakukannya." Jika hati Anda sering merasa, "Saya tidak cukup baik," maka sekarang katakan, "Saya cukup baik."
 
Ini mungkin butuh waktu, tapi perlahan dan pasti, ini bisa menangkal pikiran negatif menjadi positif. Rasa percaya diri Anda pun mulai membaik.
 
2. Bergaul dengan orang baik
Keluarga, teman, kolega, rekan kerja, bisa membantu meningkatkan rasa percaya diri dan mempertahankan sikap positif diri Anda. Anda perlu orang baik yang orientasi hidupnya positif untuk mendongkrak rasa percaya diri Anda.
 
3. Temukan kelebihan diri
Untuk membangun rasa percaya diri, lihat kelebihan Anda. Pikirkan tentang talenta dan apa yang bisa Anda banggakan. Setiap orang memiliki sesuatu yang mereka sukai. Jadi, luangkan sedikit waktu mengasah bakat Anda.
 
4. Terima pujian
Seseorang yang kepercayaan dirinya rendah biasanya sulit menerima pujian, bahkan cenderung mencela diri sendiri. Hal ini membuat orang lain juga lelah memuji Anda.
 
Pelajari cara menerima pujian dan bagaimana membalasnya dengan elegan. Menebar cinta dan membantu membangun kepercayaan diri orang lain juga meningkatkan rasa percaya diri sendiri. Ini membantu Anda merasa lebih baik.
 
5. Banyak senyum
Lakukan kontak mata dan berjalan tegak ketika bertemu orang lain. Seseorang yang banyak senyum memberi kesan percaya diri, bahkan ketika Anda sejujurnya merasa takut dan gugup. Semakin Anda mempraktikkannya, semakin Anda tampil meyakinkan, meski awalnya hanya berpura-pura. Suatu hari Anda akan berhasil melakukannya sendiri.
 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement