Kamis 21 Dec 2017 20:33 WIB

Menyulap Ruang Kerja Agar Tampak Lebih Santai

salah satu sudut ruangan kantor baru rumah 123
Foto: dok istimewa
salah satu sudut ruangan kantor baru rumah 123

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Disain ruangan kerja di kantor juga memiliki andil besar bagi terciptanya kenyamanan dalam bekerja. Hal itu diyakini akan mempengaruhi keberhasilan dalam  mewujudkan apa yang sudah menjadi program kerja. 

Beragam disain ruang kerja kini dapat dijumpai di sejumlah ruang perkantoran di Jakarta. Salah satunya adalah konsep open office hommy yang dijumpai pada kantor baru situs jual beli rumah 123. Kantor baru di lantai 37 kawasan bisnis Casablanca, Jakarta Selatan ini ditata sedemikian rupa sehingga tidak membutuhkan banyak meja, sekat ruangan, bahkan tidak ada tempat privacy. 

"Konsepnya seperti di rumah ada area untuk main, saya sendiri tidak memiliki ruangan khusus," kata Ignatius Untung, General Country Manager Rumah 123, mengisahkan markas barunya Rabu (20/12). 

Selain tanpa sekat, begitu masuk ke ruang kantor seluas 864 meterpersegi, sudah terlihat dua permainan mini billiar dan sepak bola sebagai sarana pelepas penat. "Mereka dengan beban kerja yang berat, kadang butuh penyegaran, bisa bermain dahulu," katanya. 

Ide menciptakan ruangan ini bermula dari kantor pusat yang berada di Melbourne, Australia. Konsep lapang dan bebas, kemudian dikembangkannya  dan disesuaikan dengan kebutuhan di tanah air. Konsep tersebut juga memungkinkan karyawan menyelesaikan pekerjaannya duduk berpindah dimanapun sesuai keinginannya. Karena itu selain meja panjang, di ruang kerja juga tersedia beberapa set kursi tamu aneka warna yang mempercantik ruangan.

Pemandangan lepas seputar kawasan Casablanka yang mengelilingi kantor membuat ruang kerja yang mampu menampung sekitar 90 karyawan itu tampak lapang. Hal itu diyakini dapat melepas kepenatan mata dari layar komputer meski sejenak.  Apabila hendak melakukan rapat tersedia 6 ruangan yang dapat dirubah menjadi ruangan khusus. Bahkan di salah satu sudut ruangan tersedia kursi khusus pijat yang dapat dinikmati siapapun untuk melepas lelah.

Diharapkan dengan konsep baru tersebut akan mendatangkan gagasan baru yang lebih baik, kreatif dan menaikkan rasa percaya diri maupun semangat karyawan. "Kami ingin bisa bersaing dengan perusahaan e commerce lainnya," kata Untung. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement