Selasa 03 Apr 2018 11:11 WIB

Jangan Lakukan Ini pada Hari Pertama Bekerja

Ada kesalahan fatal yang sebaiknya dihindari.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Yudha Manggala P Putra
Suasana kantor. Ilustrasi
Foto: Reuters
Suasana kantor. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hari pertama bekerja biasanya menimbulkan gabungan antara semangat, antusiasme, sekaligus rasa gugup karena memulai sesuatu yang baru. Namun, jangan sampai hal itu membuat Anda melakukan sesuatu yang tidak seharusnya.

Pakar karier Jason Sackett mengatakan, ada satu hal yang pantang dilakukan seseorang di hari pertama bekerja. Ia meminta siapapun menghindari melakukan ini karena berpotensi membuat kolega lain kehilangan respek.

"Kesalahan paling fatal pada hari pertama bekeja adalah terus-menerus bicara tentang diri Anda, pencapaian yang sudah Anda dapatkan, maupun ambisi-ambisi Anda," ujarnya, dikutip dari laman Cosmopolitan.

Menurut Sackett, hal itu membuat orang lain terganggu dan merasa tidak nyaman. Bahkan jika sudah lama mengenal seseorang atau bekerja bersama, tak ada yang suka pada orang yang kerap menyombongkan diri.

Sackett menganjurkan hal sebaliknya untuk membangun keakraban dan mendapatkan respek dari kolega baru Anda. Buat semua percakapan adalah tentang lawan bicara, bukan mengenai diri sendiri.

Misalnya, mencari tahu dan bertanya tentang peran, bakat, atau pencapaian rekan kerja yang diajak bicara. Bisa juga menanyakan kondisi lingkungan kerja dan apa yang membuatnya merasa nyaman bekerja di sana.

"Itu akan membuat Anda dikenal sebagai pendengar, pembelajar, dan kolaborator yang baik," kata penulis buku Compassion@Work: Creating Workplaces That Engage the Human Spirit itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement