Rabu 20 Dec 2017 07:33 WIB

Cara Terbaik Membersihkan Pestisida pada Buah

Rep: MGROL 99/ Red: Indira Rezkisari
Buah apel
Foto: pixabay
Buah apel

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anda mungkin ingin mulai menggosok buah dan sayuran sedikit lebih keras untuk menghilangkan pestisida pada buah atau sayuran tersebut. Pestisida tidak hanya merusak kesehatan secara serius, namun sebagian besar buah dan sayuran favorit Anda mungkin mengandung bahan berbahaya lain.

Tapi jika Anda hanya menyiram sedikit air pada apel Granny Smith itu sebelum mengigitnya, Anda tidak melakukan kebaikan apapun. Ternyata, hanya ada satu cara yang benar untuk mencuci pestisida dari buah Anda.

Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry, menggunakan baking soda adalah metode terbaik untuk menghilangkan buah dari bahan kimia yang tidak menimbulkan selera. Para ilmuwan menerapkan tiga metode pencucian yang berbeda ke sejumlah apel Gala yani menggunakan pemutih Clorox, baking soda, dan air keran biasa kemudian melacak tingkat pestisida secara keseluruhan.

Mereka menemukan bahwa apel yang direndam dalam larutan soda kue satu persen dan air selama delapan menit memiliki pestisida yang jauh lebih sedikit di permukaannya daripada pada campuran pemutih atau air. Setelah 12 sampai 15 menit perendaman, hampir semua residu pestisida hilang.

Mengapa baking soda? Ternyata, sodium bikarbonat (istilah ilmiah untuk baking soda) sangat baik dalam menghancurkan dua jenis pestisida, khususnya thiabendazole dan phosmet. Tapi pendekatan ini belum tentu cocok untuk semua, karena baking soda mungkin tidak memiliki efek yang sama terhadap bahan kimia lainnya. Terlebih, baking soda tidak bisa mencapai pestisida yang telah direndam ke kulit buah-bahkan setelah produknya dicuci.

Dengan kata lain, solusi ini bukan jaminan camilan bebas pestisida. Tetap saja, tidak ada salahnya untuk bermain aman.

Jika tidak ada waktu atau kesabaran untuk merendam buah. Para ilmuwan mengatakan bahwa menaburkan sedikit baking soda bersamaan saat mencuci adalah alternatif yang baik. Dan jika ada suatu hal yang buruk, beralihkan pada buah organik, dilansir dari Reader's Digest.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement